Advertisement

Setelah 2 Lebaran, Pemkot Jogja Kini Akhirnya Gelar Syawalan Luring

Sirojul Khafid
Senin, 09 Mei 2022 - 14:27 WIB
Arief Junianto
Setelah 2 Lebaran, Pemkot Jogja Kini Akhirnya Gelar Syawalan Luring Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi (kedua dari kiri) memimpin jalannya Syawalan dan silaturahmi di kompleks Balai Kota Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menggelar halalbihalal secara offline tahun ini. Dengan tajuk Syawalan dan Silaturahmi Idul Fitri 1443 H Karyawan Pemerintah Kota Jogja bersama Wali Kota Jogja dan Wakil Wali Kota Jogja, momen ini menjadi agenda luring pertama sejak dua tahun lalu tidak terlaksana.

Hadir memimpin acara, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan, Idulfitri kali ini menjadi momen spesial dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

Advertisement

"Alhamdulillah Lebaran ini kami bisa Syawalan dan silaturahmi bersama secara luring, setelah dua momen sebelumnya kami lakukan secara daring. Ini adalah hal yang harus disyukuri bersama. Termasuk juga diperbolehkan untuk mudik ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sanak saudara," kata Heroe di Ruang Grha Pandawa, kompleks Balai Kota Jogja, Senin (9/5/2022).

BACA JUGA: Libur Lebaran Jogja Diserbu Wisatawan, Dispar: Belum Ada Aduan & Keluhan

Kegiatan Syawalan dan silaturahmi di lingkungan Pemkot Jogja dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari penggunaan hand sanitizer di pintu masuk, pengecekan suhu, wajib menggunakan masker, dan jaga jarak selama pelaksanaan kegiatan.

Dalam kegiatan ini, Heroe didampingi oleh istrinya, Poerwati Soetji Rahajoe. Acara Syawalan dan silaturahmi dimulai pukul 09.30 WIB dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah berserta jajarannya, Kepala Organisasi Perangkat Daerah berserta jajarannya, Kepala Badan Usaha Milik Daerah berserta jajarannya, Perwakilan Kemantren, serta sejumlah awak media.

BACA JUGA: Jalanan Menuju Jogja Merayap, Aksi Tukang Bensin Ini Tuai Pujian

Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan, dan pembacaan Ikrar Syawalan, serta dilanjutkan dengan saling berjabat tangan secara bergantian. Dalam ikrarnya, Heroe menyampaikan bahwa setiap dari diri seseorang harus berlapang dada dan mengikhlaskan atas salah dan khilaf satu sama lain agar di hari-hari berikutnya kebersamaan makin erat dan kerjasama yang dijalin semakin kuat.

“Mohon izin, saya Wakil Wali Kota Jogja bersama istri mewakili Bapak Wali Kota dan Ibu, kami ucapkan selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin. Seperti yang kita tahu, beberapa hari lagi masa jabatan Kami akan segera berakhir. Mohon maaf kalau selama bertugas banyak hal yang mungkin kurang, yang mungkin salah dan tidak berkenan di hati bapak ibu serta masyarakat kota Jogja,” kata Heroe.

Advertisement

Selama lima tahun menjabat bersama Haryadi Suyuti, Heroe mengungkapkan tentunya masih ada yang kurang. Tapi di balik itu banyak juga hal baik dan hal indah termasuk prestasi-prestasi yang diraih Kota Jogja.

“Ada yang kurang itu adalah semata-mata kekurangan dan ketidaksempurnaan kami. Maka dari itu sekali lagi mohon maaf lahir dan batin, mohon kita saling mengikhlaskan dan memulai hari ke depan dengan lebih baik lagi. Terima kasih banyak,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement