Advertisement

Muhammadiyah Beri Beasiswa untuk Mahasiswa Palestina

Sunartono
Selasa, 19 Juli 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Muhammadiyah Beri Beasiswa untuk Mahasiswa Palestina Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun (ketiga dari kiri) berfoto bersama dengan sejumlah pengurus PP Muhammadiyah dan Pimpinan UMY. - Ist/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Muhammadiyah melalui amal usahanya memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa Palestina melalui program Summer School 2022 yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Peluang beasiswa itu diberikan di tengah sulitnya mahasiswa Palestina mengakses pendidikan di tengah perang masih berkecamuk.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Profesor Syafiq A. Mughni menyatakan komitmennya untuk bekerja sama dengan pemerintah Palestina guna memberikan akses pendidikan rakyat Palestina. Hal itu dinilai sebagai salah satu dari misi kemanusiaan. Adapun pelaksanaan program Summer School 2022 yang diikuti mahasiswa Palestina dimulai sejak Sabtu (16/7/2022).

"Misi kemanusiaan itulah yang menjadi inspirasi kami untuk mendukung kebebasan Palestina dan juga mendukung kedaulatan Palestina,” terang Syafiq dalam rilis yang diterima Selasa (19/7/2022)

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ia mengatakan selain menegakkan keadilan, saling menghargai dan menghormati umat manusia menjadi salah satu langkah dalam membangun dunia yang lebih baik, terutama menciptakan perdamaian dunia. Mewujudkan keadilan dan perdamaian merupakan bagian dari basis misi kemanusiaan Muhammadiyah dalam lingkup global.

Baca juga: Muhammadiyah Gelar Muktamar ke-48 Secara Luring

"Kita harus menjadi terhormat dan saling menghormati orang lain untuk dapat menciptakan keadilan dan perdamaian di seluruh dunia. Bukan hanya dalam lingkup lokal, nasional akan tetapi juga secara global tanpa diskriminasi agama apapun yang dipeluk,” katanya.

Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun menyatakan pendidikan bukan hal yang mudah didapatkan oleh rakyat Palestina meskipun ketertarikan rakyatnya terhadap pendidikan sangat tinggi. Keadaan yang tidak stabil menghambat akses pendidikan di Palestina. Sehingga beasiswa pendidikan yang diberikan menjadi suatu hal yang penting bagi rakyat Palestina.

"Perlu kami garis bawahi bahwa beasiswa ini sangat penting bagi rakyat Palestina. Karena rakyat kami sangat tertarik dengan pendidikan. Kami berfikir tidak hanya berperang dengan senjata, tetapi perlu dengan otak," ujarnya.

Ia berharap kerja sama dapat terus berlanjut dengan cakupan yang lebih luas. "Kami mengharapkan kerja sama antara UMY dengan universitas manapun di Palestina," ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement