Advertisement

Tingkatkan Inovasi, Pemkot Jogja Buka Ajang ASN Berpestasi

Yosef Leon
Jum'at, 16 September 2022 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Tingkatkan Inovasi, Pemkot Jogja Buka Ajang ASN Berpestasi Ilustrasi. - Antara/M Risyal Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja membuka ajang Aparatur Sipil Negara (ASN) Berpestasi. Program yang baru dijalankan tahun ini tersebut diharapkan mampu memicu semangat ASN untuk menelurkan inovasi layanan yang semakin optimal bagi masyarakat luas. 

Kepala Bidang Manajemen Karier Kinerja dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Jogja, Andriana Widiantari, mengatakan ajang ini akan memberikan penghargaan kepada ASN yang inovatif dan berhasil mencetuskan ide segar dalam pelayanan publik. 

Menurutnya, penghargaan ini kali pertama diadakan di lingkungan Pemkot Jogja pada 2022 ini. Ke depan akan dijalankan rutin setiap tahun guna memberikan semangat kepada para ASN untuk terus mengeluarkan berbagai program yang dirasa bermanfaat dan mempermudah berbagai pelayanan kepada masyarakat luas. 

"Nanti akan kami lihat sesuai bidang dan ketugasan masing-masing ASN dari OPD, mana yang paling inovatif. Kami harap ini jadi semacam pengakuan dan apresiasi bagi teman-teman yang punya terobosan baru agar lebih berani diimplementasikan dalam bentuk program," ujarnya, Jumat (16/9/2022). 

Andriana menambahkan tujuan lain dari penghargaan ASN berprestasi ini adalah memberikan motivasi kepada ASN untuk berperan secara aktif dalam pembangunan dan pelayanan publik di Kota Jogja. ASN diharapkan dapat berperan aktif lewat kinerja dan prestasi kerja, mengembangkan sikap keteladanan, dan mendorong semangat untuk melahirkan karya terbaik bagi kemajuan Kota Jogja.

Analis Kelompok Substansi Kesejahteraan dan Penghargaan, Ainun Hairany, mepaparkan mereka yang bisa ikut serta dalam ASN Berprestasi adalah pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan Pemkot Jogja.

“CPNS belum bisa mengikuti pada 2022 ini. Kemudian nanti ASN yang mendaftar adalah pegawai yang diusulkan oleh kepala OPD atau unit kerja masing-masing,” katanya.

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja YIA, Warga Gamping Sleman Sebut Tanah di Utara Rel Kereta Api Sudah Diukur

ASN yang ingin mendaftar harus memiliki produk inovasi yang dibuat dan telah diterapkan pada OPD atau unit kerja masing-masing minimal selama tiga bulan, terhitung sejak 1 Januari 2020, dibuktikan dengan surat keputusan kepala OPD, unit kerja, atau wali kota.

“Tahun selanjutnya produk inovasi yang telah didaftarkan pada 2022 tidak dapat diusulkan kembali,” ujar dia.

Advertisement

Pendaftaran ASN berprestasi Pemkot Jogja dibuka 31 Agustus dan berakhir 21 September 2022. Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi dan substansi. Kemudian dipilih 10 finalis terbaik yang akan melakukan presentasi di depan tim penilai. Pengumuman pemenang pada 29 November 2022 bertepatan dengan HUT Korpri.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement