Advertisement

Lurah dan Pamong se-DIY Sambut Kedatangan Sultan di Stasiun Tugu

Sunartono
Rabu, 12 Oktober 2022 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Lurah dan Pamong se-DIY Sambut Kedatangan Sultan di Stasiun Tugu Puluhan warga bersama perangkat desa menyambut kedatangan Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X usai tutun dari kereta di Stasiun Tugu, Jogja, Rabu (12/10). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Paguyuban Lurah dan Pamong se-DIY, Nayantaka menyambut kedatangan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Stasiun Tugu, Rabu (12/10/2022) sore WIB.

Penyambutan itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur DIY usai dilantik periode 2022-2027 oleh Presiden Joko Widodo.

Advertisement

Sekjen Nayantaka, Heri Yulianto menjelaskan penyambutan kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY itu dilakukan dengan melibatkan para lurah di DIY.

Mereka berkumpul di beberapa titik, mulai dari Stasiun Tugu hingga kawasan Malioboro. Penyambutan itu murni sebagai bentuk dukungan kepada Gubernur dan Wagub DIY yang baru saja dilantik presiden untuk periode 2022-2027.

“Kami berkumpul di beberapa titik untuk memberikan dukungan dengan menyambut beliau. Jadi ini murni inisiatif kami,” katanya kepada wartawan di sela-sela kegiatan, Rabu.

BACA JUGA: DPRD Jogja Minta Jangan Ada Pemaksaan Soal Seragam Adat di Sekolah

Penyambutan itu juga sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur para Lurah, di mana pimpinan daerah telah melewati tahapan pelantikan sehingga menjabat secara definitif sebagai Gubernur dan Wagub DIY.

Dia mengatakan masyarakat DIY terutama di level pedesaan telah banyak mendapatkan manfaat dari kebijakan Gubernur DIY baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kebermanfaatan itu dirasakan di seluruh DIY, terpenting lagi warga DIY merasakan bagian dari keistimewaan. Salah satunya saat ini sudah banyak kalurahan yang mendapatkan alirana dana keistimewaan melalui bantuan keuangan khusus. Melalui bantuan ini perekonomian warga bisa berkembang.

“Ada beberapa kegiatan di kelurahan yang difasilitasi anggaran bersumber dari Dana Keistimewaan. Itu dirasakan langsung oleh kelurahan karena itu berkaitan dengan kegiatan salah satunya menyangkut akses sarana prasarana,” ujarnya.

Ketua Nayantaka, Gandang Harjanata mengatakan lewat kepemimpinan Gubernur dan Wagub DIY dengan visi misi menempatkan kalurahan sebagai garda terdepan menjadi motivasi tersendiri bagi para lurah.

Dia menilai program reformasi kalurahan sebagai bentuk penghargaan Gubernur kepada lurah. Penyambutan itu sebagai bentuk kecintaan perwakilan masyarakat terhadap pemimpin sekaligus Raja Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Beliau sudah menempatkan kelurhaan sebagai ujung tombak pembangunan dan kami merasa dihargai. Tidak semua Gubernur mempunyai visi dan misi yang seperti Gubernur DIY,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement