Advertisement

Pring Pethuk Jadi Sarana Simpul Temu Komunitas Bambu Indonesia

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pring Pethuk Jadi Sarana Simpul Temu Komunitas Bambu Indonesia Pring Pethuk Leaderless Group Discussion di Bamboo Living Laboratory (Ballab) Dusun Ngepring, Pakem, Sleman, 14 Desember 2022. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pring pethuk yang dalam budaya Jawa merupakan pusaka yang mendatangkan keberuntungan, kini akan coba diangkat melalui sebuah acara festival Pring Pethuk dalam wujud Bamboofest.

Yulianto P. Prihatmaji dari Bambooland Indonesia mengungkapkan agenda yang sudah digelar berupa Bamboo Webinar pada 15 Desember 2022 dengan pembicara kunci Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Advertisement

Sehari sebelumnya, pada 14 Desember 2022, digelar Pring Pethuk Leaderless Group Discussion yang bertempat di Bamboo Living Laboratory (Ballab) Dusun Ngepring, Pakem, Sleman untuk mendisuksikan hulu hilir perbambuan Sleman.

“Pring pethuk yang secara lahiriah berupa bambu bertemu, dalam webinar ini dimaknai untuk merayakan pertemuan para pemangku kepentingan bambu untuk diskusi, orkestrasi dan eksekusi pengembangan pengetahuan, kajian sains dan penerapan industri bambu dari hulu ke hilir dengan pendekatan dexahelix,” ujar Yulianto dalam rilis kepada Harian Jogja, Kamis (29/12/2022).

Menjadi sebuah festival, Pring Pethuk sebagai Bamboofest yang direncanakan digelar tahunan di DIY sudah masuk di kalender acara Dinas Pariwisata Sleman yang akan dirayakan pada Agustus 2023.

Yulianto mengungkapkan program Bambooland Indonesia terdiri dari dua bagian yang akan dikerjakan dalam dua tahun. Tahun pertama, rekayasa sosial dan lingkungan berupa pelantar waralaba gagasan Bambooland Indonesia sebagai simpul komunitas bambu untuk pengembangan hulu hilir tegakan bambu sampai pemanfaatannya sebagai produk desain hunian.

Tahun kedua berupa rekayasa arsitektural sebagai peningkatan sirkular ekonomi masyarakat berupa perwujudan Arsitektur Modular Bambu (Amuba) untuk bangunan publik dan Rumah Inovatif Modular Bambu (Rimba) untuk bangunan privat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement