Advertisement

Kabar Penculikan Anak di Sleman Marak, Pengamat: Ini Terror Factory!

Anisatul Umah
Kamis, 02 Februari 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Kabar Penculikan Anak di Sleman Marak, Pengamat: Ini Terror Factory! Ilustrasi penculikan anak. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dugaan percobaan penculikan anak menyebar di beberapa kota. Baru-baru ini kabar tersebut juga menggemparkan DIY khususnya di Kabupaten Sleman. Seorang anak di Kalurahan Margodadi, Kapanewon Seyegan, diduga hendak menjadi korban percobaan penculikan.

Terkait dengan hal itu, psikolog forensik sekaligus Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Koentjoro mengatakan secara psikologis sifat dari ketakutan menular. Sehingga isu penculikan mudah dikembangkan.

Advertisement

"Cuma yang saya khawatirkan ini ada isu-isu yang terkait dengan politik. Jadi di zaman modern seperti sekarang ini ada istilahnya terror factory," ucapnya, Kamis (2/2/2023).

Dia mengkhawatirkan informasi tentang penculikan itu tidak benar, tetapi masyarakat sudah terjebak di dalam terornya. Di dalam ilmu psikologi, menurutnya untuk melakukan intervensi harus ketemu dulu pokok masalahnya.

"Masyarakat perlu diyakinkan kalau itu tidak ada. Kedua sekarang yang namanya gotong royong antar kampung kita kembangkan. Antar instansi, antar manusia dikembangkan," jelasnya.

BACA JUGA: Marak Hoaks Penculikan Anak, Polres Bantul Datangi Sekolah-Sekolah

Dari sisi keamanan harus bisa memberikan bukti, jika pelaku teror sudah ditangkap harus dihukum. Dalam situasi seperti saat ini hoaks yang menyebar sangat berbahaya.

Menurutnya teror semacam ini bisa berlangsung lama. Saat kecemasan dan ketakutan terbentuk, nanti akan ada sosok penolong. Apapun yang disampaikan akan diikuti.

"Teror itu bermuatan politik. Teror buat masyarakat ketakutan. Kalau orang ketakutan, ada orang masuk seolah pahlawan. Jadi banyak pengikutnya."

Koentjoro berpesan saling jaga dengan tetangga dan lingkungan sekitar penting. Misal membuat grup RT dan RW, sehingga saat terjadi sesuatu bisa cepat mengambil tindakan.

"Kemudian ada sistem laporan yang jelas, seandainya ada penculikan lapornya kemana. Di daerah mana yang paling dekat, nomor telepon berapa jadi masyarakat bisa tenang," lanjutnya.

Sementara sosiolog kriminal, Soeprapto menjelaskan tentang apakah ini hoaks atau bukan, bisa jadi awalnya ada berita atau laporan, namun menjadi viral. Kemudian masyarakat punya pikiran buruk yang berlebihan. "Misalnya ada pedagang menawarkan dagangannya ke anak-anak di sekolah sudah dicurigai dan dijustifikasi akan menculik," ucapnya.

Dari pihak sekolah perlu melakukan pemantauan kepada siswanya dan meyakini bahwa anak didiknya aman. "Berada pada area yang steril dari kejahatan pihak luar."

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meminta kepada orang tua agar tidak panik berlebihan. Kustini menghimbau agar tetap waspada dan tetap memberikan perhatian pada adanya potensi kasus tersebut.

"Saya dengar juga kabar itu [penculikan]. Tapi terkait kasusnya seperti apa kita serahkan pada kepolisian. Yang jelas saya minta agar para orang tua tetap waspada. Tidak usah terlalu panik karena bisa repot nanti," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement