Advertisement

Info Cegatan, Ini 8 Lokasi di Kulonprogo yang Jadi Sasaran Razia Lalu Lintas Saat Ini

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 11 Februari 2023 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
Info Cegatan, Ini 8 Lokasi di Kulonprogo yang Jadi Sasaran Razia Lalu Lintas Saat Ini Apel persiapan Operasi Keselamatan Progo 2023 di Polres Kulonprogo pada Selasa (7/2/2023). - Istimewa/Polres Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Delapan kecamatan atau kapanewon di Kulonprogo menjadi sasaran razia lalu lintas dalam Operasi keselamatan progo 2023 selama 14 hari sejak Selasa (7/2/2023) lalu. Delapan kecamatan tersebut meliputi Kalibawang, Temon, Sentolo, Nanggulan, Pengasih, Galur, Wates, dan Panjatan.

Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan operasi tersebut bertujuan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

“Selain itu juga untuk meminimalkan pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan lalu lintas,” kata Noviartuti beberapa waktu lalu.

Menurut Noviartuti, delapan kapanewon tersebut dipilih menjadi sasaran operasi karena tingkat pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas tergolong tinggi. Di Kalibawang ada lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di tikungan Pantog Wetan dan rawan pelanggaran lalu lintas di Simpang Empat Dekso, Kalibawang.

Di Temon, jalan nasional III Wates-Purworejo Km 11 menjadi lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Sementara di jalan yang sama Km 13 sering menjadi lokasi pelanggaran lalu lintas. Lalu, di Sentolo, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas ada di jalan nasional III Jogja-Wates Km 18, sedangkan lokasi rawan pelanggaran lalu lintas ada di Simpang Empat Ngelo, Sentolo.

BACA JUGA: Jalan Rusak Akibat Proyek Tol Jogja, Begini Solusi dari Pemkab Sleman

Kemudian di Nanggulan, simpang empat Karang dan jalan Sentolo-Nanggulan menjadi lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, sedangkan Simpang Empat Kentheng dan Simpang Empat Janti menjadi lokasi rawan pelanggaran lalu lintas.

Setelah itu, Kapanewon Pengasih juga memiliki lokasi rawan kecelakaan lalu lintas yang terletak di jalan Pengasih-Nanggulan. Sementara lokasi rawan pelanggaran lalu lintas ada di Simpang Tiga Joresan.

Di Galur, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas ada di Simpang Tiga Palwolulas dan Simpang Tiga Ngangkruk, sedangkan lokasi rawan pelanggaran lalu lintas ada di Simpang Empat Tugu Brosot. Di Wates, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas ada di Jalan Pahlawan dan Jalan Nasional III Simpang Tiga Sogan. Sementara, Jalan KH Wachid Hasyim (Bendungan) jadi lokasi rawan pelanggaran lalu lintas.

Terakhir di Kapanewon Panjatan, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas ada di Jalan Deandels (Tikungan rRsi), sedangkan lokasi rawan pelanggaran lalu lintas ada di Simpang Empat Nagung.

BACA JUGA: Jalan Umum ke Proyek Tol Jogja Solo Rusak Dilewati Truk Pengangkut Tanah Uruk, Ini Respons JMM

Polres Kulonprogo juga telah menetapkan lokasi bermasalah lain dan blackspot. Pertama, lokasi pelanggaran lalu lintas sering ditemukan di Jalan Kertodiningrat, Pengasih dan Jalan Sugiman, Wates. Lalu, blackspot ada di Jalan Wates-Purworejo Km 22-23, Kedungsari, Pengasih. Kemudian, lokasi bermasalah atau troublespot ada di Jalan Brigjend Katamso, Wates dan jalan Tentara Pelajar, Wates (Teteg Kulon).

Dalam operasi tersebut, Polres Kulonprogo bekerja sama dengan polsek setempat akan menindak kendaraan bermotor roda dua dan empat yang tidak sesuai standar pabrik seperti penggunaan knalpot blombongan, sirine yang bukan peruntukannya, hingga penggunaan helm non-SNI akan ditindak.

“Dengan adanya Operasi Keselamatan Progo tersebut, kami berharap kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-undang No.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan muncul. Dengan begitu akan tercipata perubahan pola pikir berlalu lintas menjadi tertib,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement