Advertisement

Jalur Rawan! Truk Boks Terguling di Cinomati Bantul

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 08 Maret 2023 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Jalur Rawan! Truk Boks Terguling di Cinomati Bantul Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebuah truk boks pengangkut daging beku yang dikendarai Agus Triyono, 45 warga Semarang terguling di Jalur Cinomati pada Rabu (8/3/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa.

Anggota SAR DIY Distrik Bantul, Heri Susanto, yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa truk tersebut berangkat dari Dlingo menuju Pleret menggunakan gigi dua.

Advertisement

“Mesin truk itu sudah tidak kuat dan rem juga sudah tidak kuat, karena turunan yang sangat curam. Akhirnya truk itu oleng dan masuk jurang,” kata Heri dihubungi pada Rabu (8/3/2023).

Padahal, truk tersebut sedang membawa muatan daging beku dari Wonogiri menuju Bekasi dengan bobot enam ton.

Sementara itu, Komandan TRC BPBD Bantul, Sulistiyanta mengatakan bahwa truk Hina bernomor polisi B9672CXR tersebut terperosok ke jurang sedalam sekitar 2 meter.

BACA JUGA: Isu Tanah Ramai di Medsos, Warga Jogja Diminta Tak Terpancing dan Utamakan Musyawarah

“Sopirnya itu tidak menguasai medan jalur Cinomati. Karena tidak menguasai medan, maka saat posisi berada di turunan dan ada truk lain dari bawah yang berpapasan, sopir mencoba membanting setir ke kiri. Jatuhlah truk tersebut. Untung saja ada pohon jati yang menahan bodi truk, sehingga sopir selamat,” kata Sulistiyanta dihubungi pada Rabu (8/3/2023).

Kata Sulistiyanta, para relawan dan warga sekitar membantu membongkar muatan dagin ayam beku dengan berat sekitar enam ton untuk dipindahkan ke truk boks lain. Truk tersebut juga ditali agar tidak meluncur.

“Truk derek juga sudah dipakai untuk menaikkan truk boks itu. Atas kejadian tersebut, boks truk, kap truk, dan freon rusak ringsek. Estimasi kerugian atas kejadian tersebut mencapai Rp50 juta,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hizbullah Lebanon Serang Fasilitas Militer Israel Utara

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement