Advertisement

Pemkab Klaim Penyebaran DBD di Gunungkidul Relatif Terkendali

David Kurniawan
Kamis, 16 Maret 2023 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Klaim Penyebaran DBD di Gunungkidul Relatif Terkendali Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul mengklaim penyebaran penyakit DBD di awal tahun ini relatif terkendali. Hingga pertengahan Maret 2023, tercatat ada 24 warga terjangkit penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti ini.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan tidak seperti penyebaran leptospirosis yang mengalami kenaikan, untuk penyebaran penyakit DBD dinilai lebih terkendali. Hal ini terihat dari jumlah kasus yang tercatat hingga pertengahan Maret.

Advertisement

Menurut dia, total hingga sekarang ada 28 warga yang terjangkit. Dari jumlah ini, satu orang dinyatakan meninggal dunia akibat penyakit ini.

“Kalau dilihat dari kasusnya, tahun ini relatif lebih terkendali karena tidak ada lonjakan,” kata Dewi kepada wartawan, Kamis (19/3/2023).

Ia mengakui, jumlah kasus yang ada saat ini juga lebih sedikit dibandingkan dengan 2022. Sepanjang tahun lalu ada 449 kasus dan tiga orang meninggal dunia karena terjangkit DBD.

Baca juga: Bebaskan Pilot Susi Air dari Sandera, TNI Kedepankan Negoisasi

Meski tren kasus terkendali, Dewi meminta kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran penyakit ini. Kewaspadaan dibutuhkan agar laju penyebaran tidak terjadi lonjakan.

Secara umum penyebaran penyakit DBD naik turun setiap tahunnya. Sebagai gambaran di 2019 lalu tercatat ada 576 kasus. Adapun setahun berikutnya terjadi kenaikan menjadi 957 kasus.

Setelah dua tahun meningkat, di 2021 terjadi penurunan karena dalam setahun hanya ada 189 kasus. “Memang naik turun kasusnya sehingga potensi penularan harus diwaspadai agar tetap terkendali laju penularannya,” ungkap dia.

Dewi berpendapat, masyarakat banyak yang sudah paham berkaitan dengan upaya pencegahan penyakit ini. Penyebaran DBD erat kaitannya dengan kebersihan lingkungan. Oleh karenanya, masyarakat diminta terus menjaga pola hidup bersih sehat dan rajin berolahraga.

“Dengan daya tahan tubuh tetap kuat, maka potensi terserang penyakit juga semakin kecil,” katanya.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Zoonosis, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Yuyun Ika Pratiwi mengatakan, Hal paling lazim dilaksanakan dengan menutup, menguras dan mengubur benda-benda yang bisa menjadi sarang kembang biak nyamuk. Selain itu, agar pencegahan dapat optimal harus ada satu orang pemantau jentik nyamuk.

“Kami akan terus lakukan sosialiasi dalam pencegahan agar penyakit DBD tidak terus bertambah,” katanya. 

   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement