Advertisement

Pameran Aku Berguru, Tampilkan 7 Potret Guru

Yosef Leon
Selasa, 06 Juni 2023 - 15:17 WIB
Sunartono
Pameran Aku Berguru, Tampilkan 7 Potret Guru Sejumlah pengunjung melihat karya yang ditampilkan dalam pameran tunggal Rosid bertajuk Aku Berguru di Galeri RJ Katamsi ISI Jogja 5-15 Juni 2023. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Seniman spesialis lukisan potrait, Rosid menyelenggarakan pameran tunggal bertajuk Aku Berguru di Galeri RJ Katamsi ISI Jogja 5-15 Juni 2023. Ajang ini dianggap sebagai bentuk apresiasi dan hormatnya kepada sosok guru yang telah berjasa menempa perjalanan karya seni dan hidupnya. 

Rosid mengatakan, total ada 10 karya yang ditampilkannya dalam pameran itu. Semuanya materi merupakan sosok yang dianggapnya tepat disebut sebagai guru. Selain itu, ia menampilkan sejumlah instalasi seni dari berbagai benda yang dianggapnya tepat menggambarkan masa lalunya. 

Advertisement

BACA JUGA : Pameran Seni Reka Rekah Digelar di RJ Katamsi ISI Jogja

"Ada 10 karya lukis yang saya dan 7 saya anggap sebagai sosok guru mulai dari Tohny Joesoef, Heyi Ma’mun, Rudy Pranadjaja, Tatang Ganar, Redha Sorana, Rini Chairin Hayati, Sunaryo, lukisan saya dan istri, dan ibu bapak saya," kata dia, Selasa (6/6/2023). 

Tujuh potret para guru dipadukan dengan tiga potret sang ayah dari seri menjadi sawah. Masih dipadukan lagi dengan karya instalasi dan objek yang semuanya merupakan bagian dari instalasi hidup di Rumah Budaya Rosid. Seluruh rangkaian karya ini adalah ungkapan syukur dan terima kasih bahwa Rosid dibentuk oleh para guru itu.

Kurator pameran Heru Hikayat menjelaskan, dalam pameran ini Rosid membawa banyak sekali benda dari masa lalunya. Benda itu kemudian dibuat menjadi sejumlah instalasi seni. Rosid yang dibentuk lewat kebudayaan agraris berupaya menjadikan itu sebagai akar dalam karyanya. 

"Potrait adalah gestur penghormatan buat Rosid, itu berlanjut pada pameran ini ada tujuh sosok utama yang ditampilkan. Dia berguru dari sanggar sehingga jadi lengkap tujuh orang yang ditampilkan di pameran ini sehingga berjudul aku berguru," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement