Advertisement

Pemasangan LPJU di Gunungkidul Disesuaikan dengan Status Jalan

David Kurniawan
Selasa, 28 November 2023 - 14:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pemasangan LPJU di Gunungkidul Disesuaikan dengan Status Jalan Penerangan Jalan Umum / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Perhubungan Gunungkidul mencatat hingga sekarang sudah ada sekitar 2.500 LPJU yang terpasang di seluruh ruas jalan di Bumi Handayani. Meski demikian, masih ada ruas yang belum terpasang fasilitas ini.

Baca Juga: Penambahan LPJU di Gunungkidul Hanya Andalkan Bantuan

Advertisement

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perparkiran, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Ely Siswanta mengatakan masih sering menerima keluhan berkaitan dengan lampu penarangan jalan. Selain dikarenakan fasilitas lampu, ada juga keluhan karena belum adanya LPJU yang terpasang sehingga jalanan masih gelap saat malam hari.

Meski demikian, ia mengakui tidak serta merta bisa langsung memasang. Selain dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki, pemasangan juga disesuaikan dengan status jalan.

“Di Gunungkidul tidak hanya ada jalan kabupaten maupun lingkungan, tapi juga ada jalan provinsi maupun nasional,” kata Ely, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga: Warga Keluhkan Jalur Perbatasan Gunungkidul-Klaten Masih Gelap

Dia mengungkapkan kewenangan Pemkab hanya memasang di ruas jalan kabupaten. Adapun jalan provinsi menjadi kewenagan Pemerintah DIY dan jalan nasional yang berhak memasang adalah Pemerintah Pusat.

Oleh karenanya, lanjut Ely, adanya keluhan terkait masih gelapnya ruas jalan di perbatasan Klaten dengan Gunungkidul, maka dinas perhubungan tidak bisa berbuat banyak karena status jalan merupakan milik provinsi. Adapun langkah yang bisa diambil hanya menyampaikan dan mengusulkan agar ruas tersebut bisa ditambah fasilitas LPJU.

“Kami hanya bisa mengusulkan. Tapi, disetuju atau tidak, semua tergantung dengan kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah DIY,” katanya.

Baca Juga: Luar Biasa! Tagihan Listrik LPJU di Gunungkidul Naik hingga Rp1 Miliar

Sebelumnya diberitakan, Dukuh Jentir, Sri Bekti Surono mengatakan Tanjakan Sambeng di wilayahnya merupakan merupakan akses utama masuk ke Gunungkidul dari sis tengah, tepatnya dari Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Menurut dia, fasilitas LPJU yang terpasang masih sangat kurang, karena pemasangan baru berada di jalur puncak Tanjakan Sambeng dan Kawasan gapura perbatasan Gunungkidul.

Adapun selebihnya di titik tengah tanjakan dan mulai dari perbatasan dengan Cawas, Klaten hingga dekat gapura belum ada fasilitas lampu penerangan. “Harapannya bisa ditambah sehingga jalannya bisa lebih terang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement