Advertisement

Perayaan Tahun Baru di Sleman Diklaim Berjalan Lancar

David Kurniawan
Senin, 01 Januari 2024 - 13:27 WIB
Ujang Hasanudin
Perayaan Tahun Baru di Sleman Diklaim Berjalan Lancar suasana malam pergantian tahun baru di Lapangan Denggung, Minggu (31/12/2023) tengah malam. - Harian Jogja / Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan Sleman mengklaim perayaan tahun baru berjalan dengan lancar. Titik-titik keramaian yang terpantau di antaranya berada di Kawasan Dengung, Candi Prambanan hingga Ambarukmo Plaza.

Malam perayaan tahun baru dipergunakan warga untuk mendatangi pusat-pusat keramaian di Kabupaten Sleman. Salah satunya di Komplek Candi Prambanan, yang bersamaan menggelar konser Swara Prambanan dengan penonton mencapai 15.000 orang.

Advertisement

Pada Minggu (31/12/2023) malam lalu lintas di pertigaan Prambanan relative normal karena ramai lancar. Tidak ada ada penumpukan kendaraan, meski di Kawasan tersebut ada konser musik malam tahun baru.

Namun demikian, kondisi berubah drastis pada saat pergantian tahun baru selesai. Nampak irit-iritan kendaraan dari arah Jogja menuju Klaten.

Meski tidak sampai macet, namun laju kendaraan hanya di kisaran 40 kilometer per jam. Kondisi ini pun Sudah diantisipasi adanya personel kepolisian di titik-titik persimpangan.

Selain itu, juga ada pemasangan water barrier di simpang tiga untuk masuk ke komplek Candi Prambanan. Akibat adanya rekasaya ini, maka pengendara dari arah Klaten tidak bisa berbelok ke candi, tapi harus lurus menuju arah Kota Jogja.

Pemasangan dilakukan sebagai upaya mempercepat arus lalu lintas dan tidak ada kendaraan yang memotong jalur sehingga jalannya bisa lebih lancar. Salah seorang pengunjung di Candi Prambanan, Erfanto mengatakan, pada sore arus lalu lintas di Kawasan Prambanan masih lancar. Namun, pada saat tengah malam ada peningkatan aktivitas karena ada pergerakan warga sehabis merayakan malam pergantian tahun.

BACA JUGA: Polisi Jaga Ketat Pintu Keluar Masuk Sleman Usai Perayaan Malam Pergantian Tahun 2024

Terlebih lagi, kata dia, di Prambanan juga terdapat konser musik yang dihadiri oleh belasan ribu pengunjung sehingga ikut memberikan dampak terhadap kondisi arus lalu lintas. “Masih wajar karena semua ingin pulang ke rumah masing-masing. Jadi, ada peningkatan kendaraan yang melintas,” katanya, Senin (1/1/2024) dini hari.

Meski demikian, Erfanto mengakui kondisinya tidak sampai macet dikarenakan kendaraan masih bisa melaju, walaupun perlahan. “Masih bisa jalan dan ini saya juga mau pulang ke Wedi, Klaten,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana mengatakan, selama malam tahun bar uterus melakukan monitor pergerakan arus lalu lintas. Menurut dia, ada beberapa titik keramaian seperti di Lapangan Denggung, Ambarukmo Plaza dan Candi Prambanan.

Arip mengungkapkan, titik-titik keramaian ini jadi lokasi pusat perayaan sehingga banyak warga berkumpul di area ini. Meski demikian, ia memastikan kondisinya lancar dan tidak ada kemacetan.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan arus kendaraan juga bisa berjalan dan tidak sampai macet. Selain mendatangi ke beberapa titik, juga memantau melalui CCTV,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement