Advertisement

Kapolri Bangun Sumur Bor di Gunungkidul untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 06 Januari 2024 - 13:47 WIB
Ujang Hasanudin
Kapolri Bangun Sumur Bor di Gunungkidul untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan sumur bor di Dusun Sidorejo, Kalurahan Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul pada Jumat (6/1/2024). Sumur bor dibangun di 10 titik di beberapa kecamatan di Gunungkidul. Sumur bor tersebut dapat mencukupi kebutuhan air sekitar 6.000 KK. - Harian Jogja / Andrea Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan lubang bor di Desa Sidorejo, Desa Karangtengah, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (6/1/2024). Pembangunan sumur tersebut, selain untuk memenuhi kebutuhan air, juga sebagai upaya menurunkan angka stunting. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan 10 sumur bor di Gunungkidul.

Advertisement

“Kami buat sepuluh titik pengeboran [tersebar di berbagai kecamatan di Gunungkidul]. Ada delapan titik pengeboran yang mengalami kesulitan sehingga pengeboran harus dilakukan dengan hati-hati,” kata Listyo saat ditemui di Dusun Sidorejo, Karangtengah Kalurahan, Wonosari, Gunungkidul, Sabtu. (6/1) /2024).

Oleh karena itu, pengembangan delapan titik tersebut masih belum selesai. Meski begitu, Kapolri mengaku delapan titik tersebut akan menghasilkan air. Listyo menambahkan, pembangunan sumur bor setidaknya bisa menyasar 6.000 kepala keluarga (KK). 

BACA JUGA: Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai, Kapolri: Beda Pilihan Harus Tetap Damai

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengakui air menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi stunting. 

“Penyediaan air minum atau air bersih memang diperlukan karena akan mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting,” kata Arif.

Arif menambahkan, akses air minum telah mencapai 88,34% jaringan pipa SPAM melalui PDAM Tirta Handayani, PAMSIMAS, SPAMDES, dan pipa mandiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement