Advertisement

KPU Bantul: Tindak Tegas Peserta yang Gunakan Knalpot Brombongan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 18 Januari 2024 - 19:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
KPU Bantul: Tindak Tegas Peserta yang Gunakan Knalpot Brombongan Ilustrasi knalpot blombongan. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Kampanye akbar atau rapat umum terbuka akan dimulai pada 21 Januari-10 Februari 2024. KPU Bantul imbau peserta kampanye tidak gunakan knalpot brong. 

Ketua KPU Bantul, Joko Santosa menyampaikan berkaca dari Pemilu tahun 2019 ada gesekan yang terjadi karena dipicu penggunaan knalpot brombongan. Karena itu, dia mengimbau agar peserta kampanye tidak menggunakan knalpot brombongan saat kampanye terbuka.

Advertisement

“Kami mendorong kepolisian menindak tegas kepada peserta yang menggunakan knalpot brombongan. Selain itu [gesekan Pemilu 2019] karena ada provokasi, pulang tidak bersama rombongannya dan masuk ke daerah basis rawan politik, dengan motor [menggunakan knalpot] brombongan,” katanya Kamis (18/1/2024). 

Dia mengimbau seluruh peserta Pemilu dapat mematuhi regulasi selama masa kampanye terbuka. Pihaknya juga berkoordinasi dengan TNI/Polri, dan beberapa pihak terkait untuk memetakan kerawanan yang berisiko timbul saat kampanye terbuka. 

Baca Juga

Knalpot Brong Dilarang Keras Beredar di DIY, Kapolda: Bikin Emosi

Cegah Penggunaan Knalpot Brong, Polda DIY Awasi Ketat Bengkel Sepeda Motor

Polisi Larang Bengkel dan Toko Menjual Knalpot Brong, Ada Ancaman Pidana

Dia pun menyampaikan KPU Bantul telah menyiapkan jadwal dan lokasi kampanye terbuka untuk Pemilu 2024. DIY yang masuk zona B, maka pada 21 Januari 2023 digunakan untuk kampanye terbuka pasangan 02, kemudian pada 22 Januari 2023 untuk kampanye pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03, dan pada 23 Januari 2023 digunakan untuk pasangan Capres Cawapres nomor urut 01. 

“Itu [kampanye terubka] semuanya diikuti oleh partai pengusulnya, itu terus sampai tanggal 7 Februari [2024],” katanya. 

Sementara menurut dia, lokasi yang dapat digunakan sebagai kampanye akan diinformasikan lebih lanjut. 

Sementara Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho berharap beberapa evaluasi selama penyelenggaraan kampanye Pemilu 2024 tidak terulang kembali saat kampanye terbuka. Beberapa evaluasi yang ditemukan antara lain masih ada keterlibatan anak-anak dalam kampanye. 

Dia pun berharap KPU Bantul segera merilis lokasi penyelenggaraan kampanye terbuka, sehingga peserta pemilu dapat segera menyiapkan diri. 

“Kami menyampaikan ke KPU selaku pelaksana teknis menentukan lokasi dan jadwal secepatnya, sehingga peserta Pemilu memiliki waktu yang cukup untuk rapat umum kampanye terbuka, terkait jadwal dan lokasi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Pastikan Usung Dedi Mulyadi untuk Pilgub Jabar 2024

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement