Advertisement

Siklon Tropis Anggrek, Nelayan Samas Susah Melaut, padahal Lagi Musim Ikan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 21 Januari 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Siklon Tropis Anggrek, Nelayan Samas Susah Melaut, padahal Lagi Musim Ikan Ilustrasi aktivitas nelayan di Bantul. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Siklon Tropis Anggrek yang melanda DIY, berdampak pada aktivitas melaut nelayan Pantai Samas. Angin kencang yang terjadi di DIY dinilai cukup berisiko bagi nelayan untuk melaut. 

Nelayan Pantai Samas, Tri Jarwanto menyampaikan akibat Siklon Tropis Anggrek nelayan Pantai Samas tidak melaut sejak Kamis (18/1/2024) hingga saat ini. 

Advertisement

Meski begitu, menurut dia masih ada nelayan yang mencuri-curi untuk melaut di sekitaran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Samas.

Dia menyampaikan ada sekitar dua kapal nelayan di Pantai Samas, dan satu kapal nelayan di Pantai Baru yang diduga masih melaut di sekitar TPI Samas. “Mereka paling lama melaut sekitar 2-3 jam saja, sekitar 1-2 mil dari bibir pantai,” katanya. 

Dia menyampaikan selama ini nelayan Pantai Samas terus memantau kondisi cuaca melalui informasi yang dibagikan BMKG.

Sehingga, saat ini sebagian besar nelayan masih belum melaut dan terus menunggu informasi lebih lanjut terkait kondisi cuaca dampak dari Siklon Tropis Anggrek. 

“Kami nanti update [melalui informasi BMKG] terus kapan ombaknya bagus. Kalau hujan sih tidak apa-apa, karena yang ditakuti angin, dan yang penting tidak badai,” katanya. 

Sementara menurut dia, saat ini tengah memasuki masa musim ikan bawal. Sehingga pihaknya cukup menyayangkan aktivitas melaut yang terkendala karena adanya cuaca yang tidak mendukung. 

“Untuk musim sebenarnya baru musim ikan, tetapi kendala siklon itu [Siklon Tropis Anggrek]. Sebelumnya kebetulan ini musim ikan baru mahal, ikan bawal,” katanya. 

BACA JUGA: Nelayan Bantul Semakin Berkurang, Mitos Laut Selatan Ternyata Jadi Penyebabnya

Dia menambahkan harga bawal ukuran 1-7 ons per ekor dapat mencapai Rp50.000-Rp300.000 per kg. Menurutnya, menjelang Hari Raya Imlek, harga ikan bawal biasanya meningkat perlahan. 

Sementara Koordinator SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Parangtritis, M Arief Nugraha menyampaikan saat ini ketinggian ombak di wilayah Pantai Parangtritis dan Depok masih normal berkisar 2-3 meter.

Meski begitu menurutnya angin yang terjadi saat Siklon Tropis Anggrek perlu diwaspadai nelayan. “Tetapi anginnya kencang, itu yang mungkin membuat nelayan takut melaut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement