Advertisement

Layanan Jadi Semakin Mudah, Tertib Adminduk di Sleman Bisa Ditingkatkan

David Kurniawan
Jum'at, 23 Februari 2024 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Layanan Jadi Semakin Mudah, Tertib Adminduk di Sleman Bisa Ditingkatkan ILustrasi Administrasi kependudukan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menilai layanan administrasi kependudukan (Adminduk) semakin mudah. Oleh karenanya, warga harus memanfaatkannya untuk sehingga bisa memiliki data kependudukan secara lengkap.

“Program pelayanan adminduk lebih dekat dan mudah karena ada model jemput bola. Dengan demikian, upaya tertib adminduk bisa lebih efektif lagi,” kata Kustini saat menghadiri Program Sosialisasi Informasi Rekam Data dan Layanan Administrasi Kependudukan di Kalurahan Sedangtirto, Berbah, Kamis (22/2/2024).

Advertisement

BACA JUGA: 3 Partai Penyokong Anies-Muhaimin Kompak Dukung Hak Angket Bersama PDIP

Dia menjelaskan, untuk layanan juga dilakukan secara online. Selain itu, juga ada kerja sama dengan kalurahan bertajuk Pos Pelayanan Dokumen Kependudukan.

Adanya kerja sama ini, maka pengurusan tidak harus mendatangi kantor disdukcapil karena bisa diurus di kalurahan. Beberapa layanan yang bisa diakses di antaranya akta kelahiran, akta kematian, Kartu Keluarga, pindah antar kabupaten, datang antar kabupaten maupun sinkronisasi data Nomor Induk Kependudukan.

“Adanya kemudahan ini, saya berharap semua Masyarakat di Sleman memiliki data kependudukan yang lengkap mulai dari akta kelahiran, KTP, KIA, akta pernikahan, akta kematian dan lain sebagainya,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sleman, Susmiarta mengatakan, seluruh kalurahan di Sleman sudah bekerjasama untuk layanan Posyanduk. Menurut dia, kemudahan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan tertib adminduk di Bumi Sembada.

“Kami berkotimen untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan dan semua diberikan secara gratis,” kata Susmiarta.

Selain itu, juga terus digalakan program Sisir Adminduk yang rutin yang dijalankan setiap tahun. Tahun ini ada 17 kalurahan di 17 kapanewon yang dilaksankaan sosialisasi serta layanan jemput bola kepengurusan adminduk.

BACA JUGA: Usai Jadi Menteri ATR, KPK Segera Surati AHY Soal Ini

Menurut dia, Sisir Adminduk tidak hanya dilakukan sosialisasi tentang pentingnya tertib administrasi kependudukan. Namun demikian, juga ada membuka layanan jemput bola di Masyarakat mulai dari perekaman KTP-el, akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga dan lainnya.

“Total ada Sembilan layanan adminduk yang dilayani saat program Sisir Adminduk dijalankan. Setiap Rabu dan Selasa ada tambahan untuk layanan BPJS Kesehatan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement