Advertisement

Muncul Angin Puting Beliung di Gunungkidul, Ini Penjelasan BMKG

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 29 Februari 2024 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Muncul Angin Puting Beliung di Gunungkidul, Ini Penjelasan BMKG Seorang warga sedang berada di sebuah rumah yang tertimpa pohon di Padukuhan Gunungmanuk, Kalurahan Salam, Patuk, Gunungkidul pada Rabu (28/2/2024). Pada hari yang sama, puting beliung yang juga menerjang Bumi Handayani mengakibatkan kerusakan ringan pada atap 19 rumah di Patuk.- ist - BPBD Gunungkidul

Advertisement

 Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi (BMKG) DIY, Etik Setyaningrum menjelaskan sebab munculnya angin puting beliung di Kabupaten Gunungkidul pada Rabu (28/2/2024). Dia mengaku angin tersebut berpotensi muncul di berbagai tempat, tidak hanya di Bumi Handayani.

Bahan baku munculnya puting beliung, kata Etik adalah sinar Matahari dan uap air di mana intensitas Matahari maksimal dan uap air untuk pembentukan awan cumulonimbus terpenuhi. Awan tersebut muncul ketika masa-masa peralihan musim dari hujan ke kemarau atau dari bulan Maret hingga April.

Advertisement

“Sebagai imbauan masyarakat agar selalu waspada sampai dengan sekarang DIY masih dalam periode musim hujan, potensi cuaca ekstrim [hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih ada],” kata Etik dihubungi, Kamis (29/2/2024).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sumadi mengatakan angin puting beliung sempat menerjang Bumi Handayani Rabu kemarin.

Angin tersebut berdampak pada rusaknya atap 19 rumah di Kapanewon Patuk dengan tingkat ringan. “Puting beliung kecil dan sebentar,” kata Sumadi.

BACA JUGA: Kasus DBD di Gunungkidul Melonjak, Dua Anak Meninggal Dunia

Pada hari yang sama, Sumadi mengatakan hujan disertai angin kencang menumbangkan beberapa pohon sehingga menimpa lima rumah warga di Kapanewon Wonosari dan Playen. Satu tiang listrik juga terkena pohon tumbang

Meski tidak ada korban jiwa, namun dampak dari bencana hidrometeorologi tersebut mencapai Rp7,3 juta.

“Kami mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan. Prediksinya cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga April,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement