Advertisement

Bijak Mengelola Keuangan Keluarga

Media Digital
Minggu, 31 Maret 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Bijak Mengelola Keuangan Keluarga Bedah buku bertajuk Cerdas Mengatur dan Mengelola Keuangan Keluarga karya Sutardi Al Fatih, di Gedung Serbaguna Kalurahan Karangtalun, Kapanewon Imogiri, Kamis (28/3/2024). - Stefani Yulindriani

Advertisement

JOGJA—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama dengan DPRD DIY menggelar bedah buku bertajuk Cerdas Mengatur dan Mengelola Keuangan Keluarga karya Sutardi Al Fatih, di Gedung Serbaguna Kalurahan Karangtalun, Kapanewon Imogiri, Kamis (28/3/2024). Bedah buku tersebut digelar untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan keuangan.

Pembina dan Pengembangan Sistem Kearsipan DPAD DIY, Wardoyo menyampaikan setiap keluarga harus mampu mengatur keuangan dengan baik atau bijak. "Harapannya dengan mampu memanajemen keuangan dalam keluarga, dapat mengantisipasi terjadinya krisis keuangan dalam keluarga," katanya, Kamis.

Advertisement

Dia pun berharap bedah buku tersebut mampu memotivasi dan mendorong minat baca masyarakat.

Anggota DPRD DIY Amir Syarifudin menyampaikan setiap keluarga perlu mengatur keuangannya. "Keuangan dapat membuat sebuah keluarga rukun atau sebaliknya, karena itu setiap keluarga harus mampu mengatur keuangannya masing-masing," katanya.

Dia menyampaikan kehadiran bedah buku tersebut untuk mengedukasi masyarakat Karangtalun agar dapat mengelola keuangannya dengan bijak.

Sementara Lurah Karangtalun, Suharjo berharap masyarakat mampu menyerap ilmu mengelola keuangan yang dipaparkan dalam buku tersebut. "Semoga dengan bedah buku ini semuanya dapat mengelola keuangan dalam keluarga dengan baik," katanya.

BACA JUGA: Bedah Buku Bertema Religi, Ajak Masyarakat Lebih Dekat dengan Tuhan

Sementara, penulis Sutardi Al Fatih menyampaikan masalah keuangan seringkali menjadi masalah utama sebuah keluarga. "Masalah keuangan bisa karena kekurangan uang, kelebihan uang, atau karena bingung bagaimana mengatur uang bagi orang yang penghasilannya pas-pasan, sedangkan kebutuhan selalu melebihi pemasukan," ujarnya.

Namun, menurut dia, muara persoalan keuangan tersebut dapat diatasi dengan kemampuan mengatur keuangan keluarga dengan baik. Menurutnya siapa pun dapat memiliki kemampuan mengatur keuangan keluarga.

"Semoga buku yang ada di tangan pembaca dapat memberikan motivasi, inspirasi dan penambahan wawasan tentang perencanaan keuangan keluarga," katanya. Buku tersebut terdiri dari delapan bab mengenai manajemen keuangan keluarga mulai dari perencanaan, pengelolaan, pencarian, dan penyimpanan keuangan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement