Advertisement

Pengaturan Lalu Lintas di Kawasan Ring 1 Malioboro Saat Libur Lebaran, Tak Ada Car Free Night

Alfi Annisa Karin
Senin, 01 April 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Pengaturan Lalu Lintas di Kawasan Ring 1 Malioboro Saat Libur Lebaran, Tak Ada Car Free Night Ilustrasi kemacetan di kawasan Malioboro. - Harianjogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja bersama Satlantas Polresta Jogja melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas yang diberlakukan saat libur Lebaran.

Kasatlantas Polresta Jogja, AKP Maryanto menuturkan fokus rekayasa lalu lintas akan dilakukan di kawasan ring 1 atau di kawasan Malioboro. Pasalnya, puncak kepadatan lalu lintas diprediksi akan terjadi di seputaran Malioboro yang juga sekaligus menjadi ikon Kota Jogja.

Advertisement

Maryanto menjelaskan pintu masuk Malioboro akan diberlakukan sistem buka tutup, tergantung situasi dan kondisi. "Jika arus lalu lintas terlampau lancar, maka kendaraan yang menuju Malioboro bisa melalui Jalan Mataram ataupun Jalan Kleringan. Kendaraan juga bisa melaju ke Jalan Abu Bakar Ali," jelasnya saat jumpa pers di Balai Kota Jogja, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA: Libur Lebaran 2024, Pemda DIY Minta Pemerintah Kabupaten & Kota Antisipasi Tarif Nuthuk

Maryanto menambahkan, jika arus lalu lintas terpantau padat lancar, maka kendaraan dari simpang Gardu Aniem akan dialihkan lurus menuju Pasar Kembang.

Dengan begitu, volume kepadatan di Malioboro dapat dikendalikan. Pada kondisi ini, pintu masuk Malioboro hanya satu, yakni melalui Jalan Mataram. Untuk memastikan pergerakan kendaraan terus mengalir, car free night di Malioboro ditiadakan. "Car free night yang setiap hari dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB sementara ditiadakan pada H-5 dan H+5 Lebaran," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement