Advertisement

Cegah Kebarakan, Damkarmat Jogja Imbau Masyarakat Cek Kompor dan Listrik Sebelum Mudik

Alfi Annisa Karin
Senin, 08 April 2024 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Cegah Kebarakan, Damkarmat Jogja Imbau Masyarakat Cek Kompor dan Listrik Sebelum Mudik Pemadam Kebakaran - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Masyarakat utamanya perantau yang mudik atau pulang ke kampung halaman diingatkan untuk mengecek secara keseluruhan, terutama berkaitan dengan kompor dan peralatan elektronik. Hal itu untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (Damkarmat) Kota Jogja Taokhid mengimbau masyarakat untuk memastikan keamanan kompor dan perkakas elektronik sebelum meninggalkan rumah. Dia mengingatkan masyarakat untuk melepas regulator dari gas tabung gas.

Advertisement

BACA JUGA: Libur Lebaran, Puskesmas Rawat Inap di Sleman Tetap Buka 24 Jam

"Berkaitan dengan alat-alat listrik, elektronik dilepas juga dari colokannya," ujarnya, Senin (8/4/2024).

Taokhid menyebut, instruksi untuk waspada dan antisipasi kebakaran telah dia sampaikan kepada pemangku wilayah. Mulai dari RT, RW, hingga relawan kebakaran. Mereka diminta untuk sigap jika menemui adanya kebakaran atau potensi kebakaran. Selanjutnya, pelaporan bisa dilakukan melalui hotline Damkarmat Kota Jogja 587101.

"Kecepatan laporan menentukan dengan upaya penanganan," imbuhnya.

Taokhid menuturkan, sepanjang Maret 2024 lalu setidaknya ada 3 kasus kebakaran yang terjadi di Kota Jogja. Terdiri dari dua kasus kebakaran kecil dan satu kebakaran besar yang menimpa kantor dan fasilitas umum di wilayah Kota Jogja.

“Tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian-kejadian ini," katanya.

Terpisah, Kapolresta Jogja Kombes Pol Aditya Surya Dharma mengimbau masyarakat untuk melakukan check and recheck sebelum meninggalkan rumah. Rumah harus dipastikan sudah dalam keadaan terkunci. Aditya juga memastikan nantinya akan ada petugas patroli khusus. Fokus patroli dilakukan di tempat-tempat permukiman.

"Sehingga masyarakat meninggalkan rumah menuju rumah ibadah dengan perasaan yang lebih nyaman. Tapi, tetap kontrol diri maupun keamanan diri sendiri tetap diperhatikan. Baik itu kunci rumah maupun kompor," imbaunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement