Advertisement

Bantul Percepat Pembangunan TPST Mandiri untuk Desentralisasi Pengolahan Sampah

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 07 Mei 2024 - 00:47 WIB
Ujang Hasanudin
Bantul Percepat Pembangunan TPST Mandiri untuk Desentralisasi Pengolahan Sampah Ilustrasi-Petugas memilah sampah plastik di BUMDes Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas) Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (7/2/2023). Kelompok itu mengolah sampah organik menjadi kompos dan sampah plastik menjadi batako. Antara - Hendra Nurdiansyah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul melakukan percepatan pembangunan beberapa Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Bantul. Percepatan tersebut dilakukan untuk segera mengoptimalkan program desentralisasi sampah di Bantul seiring ditutupnya TPA Piyungan 

Kepala DLH Bantul Bambang Purwadi menyampaikan pekerjaan konstruksi beberapa TPST lain masih terus dilakukan. Menurut Bambang, ITF Modalan ditargetkan rampung akhir Mei 2024. Sementara untuk TPST Dingkikan ditargetkan akan mulai beroperasi pada Juni 2024. Target tersebut maju dibandingkan sebelumnya yang ditargetkan rampung pada September 2024.

Advertisement

Saat ini progres TPST Dingkikan sekitar 30 persen. Meski begitu, Bambang optimis pada Juni 2024 pembangunannya akan rampung. Sementara TPST Modalan ditargetkan mulai beroperasi pada September atau Oktober 2024. 

Bambang menyampaikan pihaknya terus berupaya mengejar target tersebut sehingga pengolahan sampah desentralisasi di Bantul dapat sesuai target. 

BACA JUGA: 3 TPST Dibangun di Bantul Tahun Ini, Pemkab Klaim Total Kapasitas Sampah Mencapai 150 Ton

Sementara selagi beberapa TPST belum rampung dibangun, Pemkab Bantul telah mulai membuang sampah ke TPS Sementara Wonoroto, Gadingsari. Pembuangan sampah ke TPS Sementara Wonoroto dimulai pada awal Mei 2024, langkah tersebut menurut Bambang dilakukan agar tidak terjadi penumpukan sampah di Bantul. 

"TPS Sementara Wonoroto tujuannya menjadi kanal untuk menampung sampah yang sekitar 90 ton," katanya.

Dia menuturkan Pemkab Bantul pun berupaya meningkatkan pengolahan sampah melalui TPS3R dan bank sampah yang ada ditempat wilayah. 

"Kita harus tetap melakukan pemilahan, dan mengurangi produksi sampah dari hulu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Cessna Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement