Advertisement

Jamaah Calon Haji Kulonprogo Kloter Pertama Terbang 23 Mei 2023

Triyo Handoko
Selasa, 07 Mei 2024 - 06:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jamaah Calon Haji Kulonprogo Kloter Pertama Terbang 23 Mei 2023 Ilustrasi. - Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pemberangkatan jemaah calon haji asal Bumi Binangun akan dibagi dalam dua kloter karena jumlahnya yang berlebih. Total jamaah calon haji yang akan diberangkatkan dari Kulonprogo ke Arab Saudi itu sebanyak 384 orang termasuk petugas yang akan mendampingi.

Kloter pemberangkatan pertama jamaah calon haji Kulonprogo sebanyak 360 orang, dimana 355 jamaah calon haji dan lima orang petugas pendamping. Pemberangkatan haji ini akan dilakukan Pemkab Kulonprogo pada 23 Mei nanti.

Kloter kedua pemberangkatan diselenggarakan pada 9 Juni nanti yang diikuti 24 orang dimana 22 tergolong jamaah calon haji dan dua lainnya petugas. Semua kloter pemberangkatan haji ini menuju Surakata dimana penerbanyannya nanti menggunakan Bandara Adi Sumarmo.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kulonprogo, Mulyono pada Senin (6/5/2024) menjelaskan petugas pendamping jamaah haji yang disiapkannya total tujuh orang. Peran pendampingan ini untuk memastikan jemaah haji terlayani dengan baik selama menunaikan rukun Islam ke-5 itu.

Mulyono menerangkan pendampingan jamaah haji akan diprioritaskan ke kelompok rentan, terutama lansia. Prioritas itu dibuktikan dengan pendataan jamaah yang akan menggunakan kursi roda saat menunaikan ibadahnya.

Sementara ini sudah ada 10 jemaah calon haji, jelas Mulyono, yang mendaftarkan diri untuk menggunakan kursi roda. "Sebabnya beragam ada yang pernah cidera, ada yang pengeroposan tulang, ada yang pernah operasi dan lainnya, semuanya akan difasilitasi kursi roda," jelasnya, Senin siang.

BACA JUGA: Pembangunan Asrama Haji di Kulonprogo Diminta Dipercepat

Pemberangkatan jamaah haji Kulonprogo ke Surakarta, lanjut Mulyono, juga tengah dikoordinasikan dengan Pemkab Kulonprogo. Mulyono menyebut Rabu (8/5/2024) nanti Kemenag Kulonprogo akan mengadakan rapat koordinasi dengan Pemkab untuk membahas akomodasi pemberangkatan tersebut.

Diperkirakan butuh delapan bus untuk memberangkatkan 360 orang ke Surakarta tersebut. "Nanti akan disediakan bus dari Pemkab Kulonprogo, termasuk yang melepas jamaah haji nanti Penjabat Bupati," katanya.

Kepala Kemenag Kulonprogo Wahib Jamil menjelaskan persiapan sudah matang dilakukan lembaganya untuk jamaah haji tersebut. Wahib menyebut setidaknya jemaah yang ada sudah tiga kali melakukan manasik, dari level kapanewon, kabupaten, hingga provinsi.

Pendampingan jemaah haji, papar Wahib, juga tak hanya dilakukan tujuh orang itu saja. Melainkan ada tim lain, seperti dari petugas di Mekah, petugas pusat, petugas provinsi, sampai pengelompokan jamaah yang masing-masing ada koordinatornya.

Wahib berpesan agar jemaah haji mengikuti arahan petugas yang ada. Terpenting, menurut Wahib, jamaah mesti mematuhi aturan dan ketentuan di Arab Saudi. "Penyelenggaraan haji sekarang makin ketat aturannya oleh Kerajaan Arab Saudi seperti ada penjadwalan misalnya lempar jumroh dan lainnya, itu harus ditaati agar semuanya lancar," pungkasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Cessna Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement