Advertisement

Gelar Refleksi 18 Tahun Gempa Bumi, Pemkab Bantul Ingatkan Lagi Potensi Bencana

Jumali
Senin, 27 Mei 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Gelar Refleksi 18 Tahun Gempa Bumi, Pemkab Bantul Ingatkan Lagi Potensi Bencana Kegiatan Refleksi 18 Tahun Gempa Bumi Tahun 2006 di Aula Kompleks Pemda II Manding, Bantul, Senin (27/5/2024) pagi - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menggelar Refleksi 18 Tahun Gempa Bumi Tahun 2006 di Aula Kompleks Pemda II Manding, Bantul, Senin (27/5/2024) pagi.

Melalui refleksi tersebut, Pemkab Bantul terus mengingatkan ihwal kejadian gempa bumi pada 27 Mei 2006 silam yang telah memakan korban jiwa mencapai lebih dari 5.000 orang.

Advertisement

Selain itu, melalui refleksi tersebut, Pemkab Bantul juga mengingatkan mengenai potensi gempa di Kabupaten Bantul, dan kesiapsiagaan menghadapi gempa.

"Acara ini adalah untuk mengingatkan kita semua. Selain itu, lewat kegiatan ini kita juga diingatkan tentang apa yang sudah kita lakukan selama ini kerjakan. Memang mungkin masih ada yang kurang, tetapi kita terus berbenah," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bantul, Fenty Yusdayati, di sela-sela kegiatan refleksi, Senin (27/5/2024).

Oleh karena itu, pihaknya mengundang Sarwidi, salah satu pegiat penanggulangan bencana.

Diharapkan, kata Fenty, kehadiran Sarwidi akan membuat masyarakat sadar dan ingat jika Bantul adalah salah satu daerah rawan bencana. "Sehingga ke depan, jika ada bencana kita semua sudah siap," paparnya.

Menurut Fenty, sejumlah kebijakan, juga telah dilakukan oleh Pemkab Bantul terkait dengan antisipasi kebencanaan. Selain menggelar sosialisasi kebencanaan sampai tingkat sekolah dasar, Pemkab juga memiliki aturan terkait pendirian bangunan. Di mana, bangunan yang ada harus dibikin tahan gempa dan ada jalur evakuasi.

"Semua ada di peraturan bupati. Ada juga kita siapkan posko untuk mempercepat penanganan bencana. Untuk itu kegiatan ini diharapkan bisa mengingatkan semua untuk selalu waspada," ucapnya.

BACA JUGA: Peringati 18 Tahun Gempa, Pemkab Bantul Gelar Refleksi Gempa

Sementara, Sekretaris Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Ribut Bimo Haryo Tejo menyampaikan, pemahaman dan wawasan mengenai potensi gempa di Bumi Projotamansari terus dilakukan. Utamanya dalam kesiapsiagaan menghadapi gempa.

"Salah satunya adalah kegiatan refleksi gempa hari ini. Kami juga melakukan uji coba early warning system (EWS) Tsunami di seluruh pantai selatan pada hari ini," jelas Bimo.

Hasilnya, dari 29 EWS tsunami yang diuji coba, kata Bimo, ada 28 yang aktif dan satu tidak aktif. EWS yang tidak aktif tersebut adalah EWS di kapanewon Sanden dan sedang dalam perbaikan. "Kami sendiri, sejauh ini terus melakukan perawatan EWS dan memastikan EWS aktif," papar Bimo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement