Advertisement

Pura-Pura Tawarkan Bantuan Sosial, 2 Orang Gondol Uang Rp10 Juta Milik Seorang Nenek

Triyo Handoko
Senin, 27 Mei 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Pura-Pura Tawarkan Bantuan Sosial, 2 Orang Gondol Uang Rp10 Juta Milik Seorang Nenek Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Seorang nenek berusia 79 tahun berinisial D, warga Hargorejo, Kapanewon Kokap jadi korban pencurian. Akibatnya, uang tunai Rp10 juta miliknya pun raib digondol dua orang pelaku yang beraksi dengan menyaru sebagai tamu yang berpura-pura menawarkan bantuan.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, AKP Triatmi Noviartuti mengatakan pencurian itu terjadi pada pertengahan Mei lalu. Dia menjelaskan, kedua pelaku adalah sepasang laki-laki dan perempuan yang mendatangi rumah korban pada Rabu (15/5/2024) pagi WIB. Keduanya lantas menawarkan bantuan terhadap D dengan meminta melihat kondisi rumah tersebut terlebih dahulu.

Advertisement

"Meski tidak mengenal keduanya, korban sama sekali tak curiga. Saat mengecek kondisi dan seisi rumah korban, para pencuri ini memotret bagian-bagian rumah korban dengan kameranya," katanya.

Setelah rampung memotret, seorang maling perempuan mengajak D berbincang. "Sedangkan yang laki-laki berkeliling rumah, kemungkinan ini untuk mengelabui korban," kata dia.

Setelah berkeliling rumah, kedua pelaku langsung pamit terhadap korban D. Sebelum pamit, sepasang maling ini mengingat korban D agar berhati-hati dengan orang asing yang tak dikenal.

BACA JUGA: Motor Hilang di Parkiran Mall di Jogja, Polisi Buru Pelaku

Selanjutnya korban D memeriksa dua tasnya yang berada di sofa tempat biasa ia menaruhnya. "Saat itu korban langsung sadar tas berisi uang itu sudah tidak ada," papar Novi.

Di dalam dua tas itu tak hanya berisi uang, lanjut Novi, ada juga kartu identitas lainnya. "Menyadari itu, korban langsung lapor ke Polsek Kokap, selanjutnya personil kami langsung memeriksa tempat kejadian," jelasnya.

Polsek Kokap, sambung Novi, masih terus mengalami kejadian pencurian tersebut. "Kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, terutama kepada orang asing yang tak dikenal, selain itu kami imbau juga untuk menyimpan barang berharga di tempat yang lebih aman," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Cedera Olahraga, Perawatan Dijamin JKN

Cedera Olahraga, Perawatan Dijamin JKN

Jogjapolitan | 48 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement