Advertisement

General Check Up Jadi Ikhtiar UMY Terhadap Kesehatan Produktivits Pegawai

Media Digital
Selasa, 28 Mei 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
General Check Up Jadi Ikhtiar UMY Terhadap Kesehatan Produktivits Pegawai Suasana saat digelarnya general check-up di UMY. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Dalam upaya ikhtiar menjamin kesehatan di lingkungan kampus bagi para dosen, tenaga pendidik (tendik) dan pegawai lainnya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Lembaga Pengembangan Karier dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) kembali mengadakan general check-up pada Senin (27/5/2024) hingga Rabu (29/5/2024).

Kepala LPKSDM UMY, Prof. Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si mengatakan general check-up tersebut digelar sebagai salah satu upaya agar seluruh dosen dan tendik semuanya dalam keadaan sehat sehingga mendukung pekerjaan para pegawai.

Advertisement

“Salah satu upaya atau ikhtiar UMY menjaga kesehatan, langkah preventif, dan monitoring agar dosen dan tendik semuanya sehat. Jadi kami ingin setiap tahunnya agenda rutin LPKSDM ini untuk bagaimana memberikan layanan dan fasilitas kepada seluruh pegawai baik dosen dan tendik untuk melaksanakan general check-up. Kondisi dosen, tendik, dan pegawai yang sehat akan menunjang produktivitas serta tugas pokok dan fungsi dan beban kerja yang menjadi tanggung jawab,” tutur Adhianty.

Lebih lanjut Adhianty mengatakan agar kehadiran dosen tendik dan pegawai meningkat setiap tahunnya dan tidak merasa takut ketika melakukan general check-up. “Semoga setiap tahunnya pasti meningkat bisa 80% paling tidak. Banyak juga pegawai yang merasa takut dengan hasil check-up yang tidak sesuai dengan yang diharapakan,” harap Adhianty

Pemeriksaan general check-up meliputi vital sign (tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan). Cek darah meliputi asam urat, Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT), atau enzim pada jantung, Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT) atau enzim pada hati, Lipoprotein Densitas Tinggi (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL) atau jenis kolesterol, dan gula darah serta cek urine (mikroskopis dan makroskopis).

Bekerja sama dengan Rumah Sakit Asri Medical Center Muhammadiyah (RS AMC) general check-up dilaksanakan di Lantai Dasar Gedung Dasron Hamid Research and Innovation Center Kampus Terpadu UMY.

BACA JUGA: Akademisi UMY Minta Pembahasan Revisi UU Penyiaran Dihentikan

Wakil Rektor II bidang SDM, Prof. Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si mengatakan karena agenda ini ditangani langsung oleh pihak RS AMC sehingga para dokter yang hadir pada agenda ini bisa memberikan pandangan terkait hasil dari general check-up nantinya dan menjadi pemahaman bagi semua. 

“Kerja sama dengan RS AMC dalam agenda ini akan memberikan pencerahan dari teman-teman dokter yang hadir untuk para dosen, pegawai dan semuanya. Dengan adanya fasilitas ini menjadi pemahaman kesehatan bagi kita semua” jelas Nano.

Nano juga berharap dengan terjamin kesehatan para pegawai bisa menjalakan kinerja dengan lancar. “Berharap semua warga UMY terutama dosen, tendik maupun pimpinan yang tetap ini bisa sehat, sehingga bisa menjalankan kinerja dengan baik,” tandasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya Peluang Maju Pilkada 2024, Sandiaga Uno: Tunggu Surat Tugasnya

News
| Senin, 01 Juli 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement