Advertisement

Ekosistem Kewirausahaan Hijau Terus Dikampanyekan

Newswire
Jum'at, 12 Juli 2024 - 16:37 WIB
Sunartono
Ekosistem Kewirausahaan Hijau Terus Dikampanyekan Kegiatan ANGEL National Conference & Exhibition 2024 digelar di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) melalui kolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (12/7/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ekosistem kewirausahaan hijau terus dikampanyekan di kalangan perguruan tinggi. Salah satunya melalui Konsorsium Erasmus+ CBHE ANGEL (ASEAN Green Entrepreneurship and Leadership) yang terdiri dari 16 perguruan tinggi di ASEAN dan Eropa.

Terbaru ANGEL National Conference & Exhibition 2024 digelar di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) melalui kolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (12/7/2024). Kegiatan ini secara khusus mengangkat isu terkait Inovasi dan Kolaborasi untuk Membangun Ekosistem Green Entrepreneurship yang Berkelanjutan.

Advertisement

BACA JUGA : Pemkot Jogja Dampingi Pengusaha Muda, Inkonsistensi Menjadi Kendala

Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII Arif Wismadi menyatakan pengembangan kewirausahaan hijau di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan. Mulai dari kurangnya pemahaman dan kesadaran tentang inovasi dan teknologi hijau, terbatasnya akses terhadap pendanaan berkelanjutan, hingga belum optimalnya kebijakan publik yang mendukung industri dan bisnis hijau.

"Selain itu, kolaborasi antarsektor yang belum terintegrasi dengan baik juga berpotensi menghambat pertumbuhan ekosistem green entrepreneurship yang solid dan berkelanjutan," katanya dalam pembukaan kegiatan.

Menurutnya konferensi ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh para wirausaha hijau, baik dari segi teknologi, pendanaan, maupun kebijakan. "Selain itu untuk menghubungkan para pemimpin wirausaha hijau dari berbagai sektor untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan membangun kolaborasi yang efektif," ujarnya.

Rektor UII Profesor Fathul Wahid berharap konferensi tersebut memberikan dampak yang lebih luas, sehingga masyarakat turut mendapatkan manfaatnya. UII telah melakukan berbagai langkah di bidang kewirausahaan melalui SImpul Tumbuh yang kini menjadi inkubasi bisnis di kalangan mahasiswa.

"Tentu harapan kami manfaatnya tidak hanya untuk UII dan kampus yang tergabung di konsorsium saja, tetapi harapannya lebih luas, masyarakat bisa turut merasakannya," ujarnya.

BACA JUGA : Pemda DIY Cetak Wirausaha Muda Lewat Saka Wirausaha

Kegiatan itu dihadiri oleh 200 akademisi, peneliti, pelaku bisnis, wirausaha hijau, perwakilan pemerintah, investor, mahasiswa, dan anggota komunitas lokal yang tertarik pada inovasi dan keberlanjutan. Konferensi itu diharapkan dapat memberikan dampak positif dan masif bagi pengembangan inovasi dan kewirausahaan hijau nasional, serta peningkatan kesejahteraan dan perekonomian Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Dianiaya hingga Meninggal, Polisi Tetapkan 9 Tersangka, 3 Di antaranya Anak-Anak

News
| Rabu, 25 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement