Advertisement

RSUD Sleman Jadi Lokasi Cek Kesehatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman

David Kurniawan
Rabu, 28 Agustus 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
RSUD Sleman Jadi Lokasi Cek Kesehatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman pada Kamis (9/8/2018). - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman telah memutuskan pelaksanaan tes Kesehatan untuk bakal calon kepala daerah di RSUD Sleman. Jadwal tes dilaksanakan setelah persyaratan pendaftaran dinyatakan diterima.

Anggota KPU Sleman Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilihan, Noor Aan Muhlishoh mengatakan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati berlangsung mulai 27-29 Agustus 2024. Adapun teknisnya, pasangan calon diwajibkan mengisi daftar pencalonan di aplikasi pencalonan milik KPU RI.

Advertisement

Meski demikian, dia mengakui calon kepala daerah juwa diwajibkan menyerahkan berkas syarat dukungan maupun syarat pencalonan sesuai dengan yang diunggah diaplikasi. “Hingga hari kedua pendaftaran belum ada yang menyerahkan berkas ke KPU. Rencananya di hari terakhir pasangan Harda Kiswaya-Danang Maharda dan Kustini Sri Purnomo-Sukamto baru datang ke kantor untuk menyelesaikan proses pendaftaran,” kata Aan, Rabu (28/8/2024).

Dia menjelaskan, selain penyerahkan berkas pencalonan, pasangan calon juga akan menjalani tes Kesehatan. Sesuai dengan jadwal yang disusun rentang waktu tes berlangsung mulai 27 Agustus hingga 2 September 2024.

Meski demiikian, Aan memastikan, bahwa pelaksanaan bergantung dengan penyerahan berkas pendaftaran yang diserahkan pasangan calon. Pasalnya, ketentuan pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan setelah berkas dinyatakan diterima. “Kalau sudah diterima, maka ada surat pengantar untuk pemeriksaan Kesehatan,” katanya.

BACA JUGA: Pilkada Sleman, Harda dan Kustini-Kamto Kompak Mendaftar di Hari Terakhir Pendaftaran

KPU sudah memilih RSUD Sleman sebagai tempat pemeriksaan Kesehatan pasangan calon. Upaya koordinasi dengan rumah sakit juga sudah dilakukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar. “Teknisnya ada tim rumah sakit. Yang jelas, pemeriksaan Kesehatan meliputi Kesehatan jasmani, Rohani hingga bebas narkoba,” katanya.

Ketua KPU Sleman, Ahmad Baehaqi memastikan dalam kontestasi Pilkada 2024 tidak ada pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan. Pasalnya, saat tahapan penyerahan berkas dukungan, tidak ada satu pun yang berminat mengikuti jalur nonpartai. “Lowongan tinggal menyisakan jalur dari kepartaian. Untuk persyaratan sudah diumumkan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Masuk 10 Besar Dunia dengan Kualitas Udara Terburuk Hari Ini

News
| Sabtu, 14 September 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement