Advertisement

Antisipasi Penurunan Mahasiswa, PTS di Jogja Ubah Strategi

Newswire
Kamis, 05 September 2024 - 09:47 WIB
Sunartono
Antisipasi Penurunan Mahasiswa, PTS di Jogja Ubah Strategi Pelaksana kuliah perdana mahasiswa baru. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah air mengeluhkan fenomena penurunan jumlah mahasiswa karena masifnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam membuka penerimaan mahasiswa baru. Sejumlah PTS di Jogja, seperti Stipram pun harus mengubah strategi untuk menggaet mahasiswa baru.

Meski sudah menggelar kuliah perdana Penerimaan Mahasiswa Baru dan Kegiatan Pengenalan Kampus pada Rabu (4/9/2024), Stipram Jogja masih membuka penerimaan hingga akhir September 2024. Kuliah bertema Experience Your Learning Through Study For A Better Future itu diikuti oleh 370 mahasiswa S1 Prodi Pariwisata dan 150 D3 Perhotelan, menghadirkan narasumber Direktur of Human Resources Marriot Hotel Jogja Agus Sururi.

Advertisement

BACA JUGA : Kelas Dikosongkan, Mahasiswa UGM Turun ke Jalan Protes Pengesahan UU Pilkada

Wakil Ketua I Bidang Akademik Amin Kiswantoro mengakui dari jumlah maba yang saat ini memang ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu kampusnya masih tetap menerima pendaftaran hingga akhir September 2024. Meski demikian ia optimistis dengan perpanjangan pendaftaran itu dapat mencegah atau meminimalkan kekurangan jumlah maba tersebut.

"Tentu strategi juga kami ubah dengan membuka melakukan segmen baru selama ini belum kami maksimalkan. Kalau selama ini kebanyakan di Jatim, sekitar Jogja kita melakukan promosi segmen baru, beberapa provinsi tadinya tidak berpotensi kita akan gencarkan," katanya di sela-sela pelaksanaan Kuliah Perdana, Rabu.

Fenomena penurunan mahasiswa di kalangan PTS memang terjadi secara nasional. Hal ini karena PTN yang membuka pendaftaran secara masif dengan multijalur, bahkan ada yang masih membuka hingga Oktober.

Amin mengungkapkan melalui Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari), pihaknya sudah berusaha menyuarakan keluhan tersebut ke pemerintah pusat. Harapannya pusat meninjau ulang sejumlah kebijakan kepada PTN terkait penerimaan mahasiswa baru sehingga PTS masih mendapatkan porsi dalam menerima mahasiswa baru.

BACA JUGA : Jumlah Mahasiswa Baru PTS di Jogja Terus Menurun, Aptisi Duga karena Kapal Keruk PTN

"Kami sudah diskusi sesama anggota Hildiktipari, untuk ke depan bisa ada penyesuaian terkait dengan periode PMB dan sudah audiensi [dengan pemerintah pusat] cuma belum ada keputusan ke depan. Ini dirasakan seluruh PTS yang ada di Indonesia," kata pria yang juga Sekjen Hildiktipari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement