Advertisement

Mulai 20 September 2024, Logistik Tahap Pertama untuk Pilkada Sudah Sampai di Gudang KPU Bantul

Jumali
Kamis, 19 September 2024 - 13:07 WIB
Ujang Hasanudin
Mulai 20 September 2024, Logistik Tahap Pertama untuk Pilkada Sudah Sampai di Gudang KPU Bantul Arsip-Proses perakitan kotak suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kabupaten Bantul. - Antara - Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul memastikan logistik tahap pertama, berupa kotak suara, bilik suara, tinta dan kabel tis untuk Pilkada Bantul akan tiba dan akan disimpan di gudang KPU Bantul pada 20 September 2024 sampai 28 September 2024. Sebab, saat ini proses pengadaan logistik tahap pertama tersebut telah berjalan dan didapatkan pemenang tendernya.

Ketua KPU Kabupaten Bantul Joko Santosa mengatakan proses lelang tender pengadaan logistik tahap pertama telah dilakukan oleh tim kesekretariatan dan pengadaan KPU Bantul beberapa waktu lalu.

Advertisement

Di mana tim tersebut telah memilih pihak ketiga untuk pengadaan kotak suara, bilik suara, tinta dan kabel tis untuk Pilkada Bantul melalui sistem e-catalog. Adapun pembiayaan sepenuhnya menggunakan anggaran dari KPU Bantul.

"Meskipun, semua KPU Kabupaten tetap harus berkoordinasi dengan KPU Pusat. Karena KPU RI bertanggungjawab sepenuhnya terhadap penyelenggaraan Pilkada," kata Joko, Kamis (19/9/2024).

Terkait dengan pemenang tender pengadaan logistik tahap pertama, Joko menyebut saat ini sudah ada pemenangannya. Di mana, Untuk bilik suara KPU Bantul butuh 4 kali 1.487 TPS. Sedangkan untuk kotak suara, KPU butuh 1.487 kotak suara atau sesuai dengan jumlah TPS di Pilkada.

BACA JUGA: Kabar Baik, Cek Kesehatan Calon Petugas KPPS di Bantul Gratis

"Untuk kotak dan bilik suara akan diambilkan dari Surabaya. Lalu untuk kabel tis dan dua tinta per TPS diambilkan dari Tangerang," imbuh Joko.

Di sisi lain, Joko menyampaikan saat ini KPU Bantul masih menunggu masukan dari masyarakat terkait dengan pengumuman visi dan misi dari ketiga bakal paslon yang diumumkan melalui laman KPU Bantul. Setelah itu, KPU kata Joko akan melakukan rapat pleno tertutup penetapan bakal calon paslon untuk dijadikan paslon pada 22 September 2024.

"Nantinya kami akan mengeluarkan SK dan menentukan apakah tiga bakal calon paslon ini memenuhi persyaratan ditetapkan sebagai paslon atau tidak. Setelah itu tanggal 23 September 2024, kami akan gelar pengundian nomor urut paslon, tentunya dengan berkoordinasi dengan aparat keamanan dan LO masing-masing paslon," ucap Joko.

Terkait dengan teknis dan pengamanan saat pengundian nomor urut paslon, Joko menyatakan ada pembatasan rombongan pengantar yang boleh masuk ke kantor KPU Bantul. Nantinya yang boleh masuk ke dalam kantor KPU Bantul saat pelaksanaan undian nomor urut, selain tamu undangan, ada paslon dan pendamping, serta pimpinan partai dan tim kampanye.

"Jumlah per paslon sekitar 20an saja nanti yang  bisa masuk. Karena memang ada keterbatasan tempat dan demi keamanan," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,3 Guncang Kota Padang Sidempuan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement