Advertisement

Gelar Pelajar dan Pemuda Jadi Upaya Disdikpora Jogja Kembangkan Potensi Seni Siswa

Media Digital
Sabtu, 05 Oktober 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Gelar Pelajar dan Pemuda Jadi Upaya Disdikpora Jogja Kembangkan Potensi Seni Siswa Pelaksanaan Gelar Pelajar dan Pemuda di SMA Santa Maria Kota Jogja, Sabtu (5/10/2024) Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja bersama dengan Yayasan Marsudirini melaksanakan kegiatan Gelar Pelajar dan Pemuda di SMA Santa Maria, Sabtu (5/10/2024). Lewat kegiatan ini siswa TK Mater Dei, SD Marsudirini, SMP Maria Imacullata, dan SMA Santa Maria yang tergabung dalam Yayasan Marsudirini turut menampilkan penampilan seni dan budaya. Mulai dari penampilan tari, vokal, pantomim, hingga penampilan peragaan pencak silat.

Penanggungjawab Yayasan Marsudirini Suster M Paulia menuturkan kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari peringatan Fransiskus Asisi yang jatuh pada 4 Oktober lalu.

Advertisement

Tak hanya penampilan seni, ada juga berbagai lomba hingga stand UMKM yang turut melibatkan orang tua siswa. Dia mengatakan Gelar Pelajar dan Pemuda ini menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat seni pada siswa. Selain itu juga menjadi ajang promosi.

“Harapannya masyarakat Yogyakarta ini mengenal Marsudirini. Kami punya sekolah dari KB/ TK, SD, SMP, SMA, dan asrama. Diharapkan banyak masyarakat yang tertarik untuk menyekolahkan anaknya di sini,” ujar Paulina saat ditemui di SMA Santa Maria, Sabtu (5/10/2024).

Ketua Panitia Gelar Pelajar dan Pemuda Yayasan Marsudirini Fransisca Indriyani menuturkan berbagai pentas seni yang digelar ini bukan hanya sebagai ajang selebrasi.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjalin kerja sama di dalam internal yayasan. Menurutnya, jalinan kerja sama yang erat akan membangun pendidikan yang berkesinambungan. Tentunya ini akan menjadi keunggulan dan nilai plus bagi sekolah-sekolah Yasayan Marsudirini.

BACA JUGA: Memberantas Peredaran Minuman Keras, Polres Bantul Memaksimalkan Tim Khusus

“Kami bisa karena kami bersama. Itu jadi kesadaran dan keinginan yang terus menerus dihidupi dalam kehidupan bersama. Kami mengajak seluruh keluarga yayasan dan warga sekitar untuk bermain dan bergembira bersama mewujudkan pribadi cerdas dan berkarakter,” ungkapnya.

Kepala Dinas Dikpora Kota Jogja Budi Santosa Asrori mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan bakat siswa baik dalam hal akademik maupun non-akademik.

 Salah satunya dengan rutin melaksanakan kegiatan Gelar Pelajar dan Pemuda di tingkat sekolah. Budi mengatakan kolaborasi terus dibangun dengan sekolah negeri maupun yayasan pendidikan swasta di Kota Jogja. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di antaranya di bidang seni maupun olahraga.

Budi menuturkan sempat dilaksanakan Gelar Pelajar dan Pemuda di ruang-ruang publik seperti di Titik Nol Kilometer ataupun di Malioboro. Gelar Pelajar dan Pemuda sempat terhenti lantaran pandemi Covid-19 dan kini pihaknya mulai menggencarkan kembali dan melaksanakannya di sekolah-sekolah.

“Yang jelas kami memberikan ruang kepada siswa untuk mengembangkan potensinya, untuk berekspresi. Ibaratnya kalau olahraga ketika ada banyak pertandingan, bakatnya bisa lebih dikembangkan,” tuturnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hadiri Nusantara TNI Fun Run, Jokowi Bersama Ibu Negara Bertolak ke IKN

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement