Advertisement

Terkait Adanya Dugaan Pemanfaatan Bantuan Pangan untuk Kampanye, Pemkab Bantul Minta Kepala Gudang Bulog Pajangan Netral

Jumali
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Terkait Adanya Dugaan Pemanfaatan Bantuan Pangan untuk Kampanye, Pemkab Bantul Minta Kepala Gudang Bulog Pajangan Netral Truk pengangkut bantuan pangan yang dipasangi gambar calon peserta Pilkada Bantul 2024. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemkab Bantul angkat bicara terkait dugaan pemanfaatan bantuan pangan di Kabupaten Bantul yang digunakan sebagai sarana kampanye/simpati salah satu pasangan calon Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bantul.

Sekretaris Daerah Bantul Agus Budiraharja melalui surat terbatas No. B/100.1.4.1/07634/UMPRO yang ditujukan kepada Kepala Gudang Bulog Pajangan Bantul tertanggal 10 Oktober 2024, dalam Hal Kondusifitas Tahapan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bantul, telah meminta agar kepala gudang Bulog Pajangan Bantul dalam hal proses distribusi bantuan pangan tetap berkomitmen menjaga netralitas.

Advertisement

"Meminta kepada saudara agar proses distribusi bantuan pangan tetap berkomitmen menjaga netralitas, bebas terkait dengan politik praktis yang dapat merugikan dan menguntungkan salah satu pasangan calon yang dapat juga berpotensi menimbulkan gangguan ketentraman dan ketertiban umum," tulis Agus Budiraharja dalam surat yang dilihat Harian Jogja, Jumat (11/10/2024).

Dalam surat tersebut, Agus juga memintaagar kejadian distribusi dengan menggunakan simbol, ajakan, gambar, foto salah satu pasangan calon tidak terjadi lagi.

"Selain itu dengan mempertimbangkan kondusifitas wilayah, agar dipertimbangkan penjadwalan ulang distribusi sampai dengan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati selesai," harap Agus Budiraharja.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul tengah mendalami informasi dari masyarakat berkaitan dengan penggunaan truk bergambar salah satu peserta Pilkada Bantul 2024 untuk mendistribusikan beras bantuan pangan dari Pemerintah Pusat ke sejumlah wilayah di Bumi Projotamansari.

BACA JUGA: Bawaslu Bantul Dalami Kasus Truk Pengangkut Beras Bantuan Pangan Bergambar Peserta Pilkada

Dari foto yang beredar, ada sejumlah truk dengan gambar Calon Bupati Bantul Joko Purnomo berdiri sendiri dan bertuliskan "Melu Pak Joko Purnomo". Foto lainnya memperlihatkan ada truk pengangkut beras bantuan dengan gambar  Calon Wakil Bupati Bantul, Rony Wijaya dan bertuliskan "Melu Pak Rony Wijaya".

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait dengan hal tersebut. Oleh karena itu Bawaslu Kabupaten Bantul tidak akan tinggal diam dan akan mengambil sejumlah langkah.

"Jadi terkait dengan armada yang mengangkut beras itu, kita saat ini sedang melakukan konfirmasi ke beberapa pihak. Terkait dengan armada yang ada gambar paslon. Kita meminta keterangan dulu. Paling tidak kami minta keterangan ke Bulog dan Pemkab. Kami akan lihat konstruksi kejadiannya dulu," kata Didik, Jumat (11/10/2024).

Terkait dengan kemungkinan unsur kampanye, Didik mengaku belum bisa berkomentar banyak. Sebab, Bawaslu Kabupaten Bantul, kata Didik akan lebih mendalami soal kontruksi kejadian tersebut.

"Apakah pihak-pihak yang saya sebut tadi tahu dan bagaimana kronologisnya. Kita belum akan masuk ke unsur kampanye atau tidak. Dan, karena ini informasi maka kami akan bergerak secepatnya meminta konfirmasi dari pihak-pihak tadi yang saya sebutkan," jelas Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Tentara Indonesia Jadi Korban Serangan Israel di Lebanon, Begini Kondisinya

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement