Advertisement

Kunjungan Wisatawan ke Jogja Tembus 8 Juta, Dinas Pariwisata Optimalkan Kampung Wisata

Alfi Annisa Karin
Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:37 WIB
Maya Herawati
Kunjungan Wisatawan ke Jogja Tembus 8 Juta, Dinas Pariwisata Optimalkan Kampung Wisata Pesepeda melintasi salah satu rute Romansa Kota Lawas yang melintasi Gang Makmur, Kampung Wisata Purbayan. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja mencatat jumlah kunjungan wisata pada akhir September 2024 telah mencapai delapan juta wisatawan.

Ini jauh melampaui target kunjungan wisatawan yang dipasang Dispar Kota Jogja yang hanya enam juta wisatawan. Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko menuturkan rata-rata jumlah belanja wisatawan adalah Rp 2,2 juta per kunjungan.

Advertisement

“Sementara masa tinggal wisatawan atau length of stay masih berada di angka 1,75 hari,” ujar Wahyu, Kamis (24/10/2024).

Dia menyebut, Dispar Kota Jogja akan terus berupaya untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan, hingga jumlah belanja wisatawan.

Salah satunya dengan cara mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh kampung-kampung wisata di Kota Jogja. Wahyu mengatakan kini ada 25 kampung wisata yang tersebar di Kota Jogja. Menurutnya, perlu adanya aktivitas yang diinisiasi di masing-masing kampung wisata itu.

BACA JUGA: KAI Daop 6 Jogja Tutup Pelintasan Sebidang di Sukoharjo untuk Keselamatan

“Dengan adanya 25 kampung wisata ini tentu banyak potensi yang bisa ditawarkan dan dieksplorasi oleh wisatawan. Baik itu dari ragam aktivitasnya, souvernir, kuliner, fashion, kriya dan keunikan lain yang tiap kampung wisata punya ciri khasnya masing-masing,” jelas Wahyu.

Dia menambahkan penguatan branding masih perlu dikuatkan di masing-masing kampung wisata. Ini untuk menambah daya tarik wisatawan yang diharapkan dapat sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

Di sisi lain, branding kampung wisata juga penting untuk dikuatkan dalam rangka penilaian Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang akan dilaksanakan pada 2025 oleh Kemenparekraf.

“Harapannya (kunjungan wisata) di akhir tahun 2024 bisa mencapai 9 juta wisatawan,” ungkapnya.

Beberapa kampung wisata di Kota Jogja berhasil menelurkan sejumlah prestasi. Ini menjadikan kampung wisata di Kota Jogja layak untuk menjadi destinasi yang dikunjungi oleh wisatawan.

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto menyebut diantaranya adalah Kampung Wisata Purbayan yang mampu menyabet Juara Desa Berkembang Terbaik Kedua pada ADWI 2023. Ditambah lagi Kampung Wisata Cokrodiningratan juga berhasil masuk dalam 100 besar ADWI Kemenparekraf 2024.

Sugeng mengatakan sebanyak 25 kampung wisata di Kota Jogja itu diharapkan bisa memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Motivasi kita bersama untuk terus mengembangkan kampung wisata yang berkualitas dan berkelas dunia dengan menggali potensi kampung wisata simbol kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sugeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Hakim Terlibat Suap Kasus Ronald Tanur Diberhentikan dari Jabatannya

News
| Kamis, 24 Oktober 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement