Advertisement

Siswa SD Diajak Santai Hadapi Ujian Nasional

Minggu, 27 April 2014 - 09:04 WIB
Nina Atmasari
Siswa SD Diajak Santai Hadapi Ujian Nasional

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri III Playen, Kecamatan Playen, diajak santai dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung 19 April mendatang. Mereka menjalani terapi meredian untuk menghilangkan kecemasan saat ujian nanti di ruang sekolah mereka, Sabtu (26/4/2014).

Sebanyak 36 siswa kelas VI dilatih mencari syaraf-syaraf yang bikin tegang kemudian menotoknya sendiri dengan jari telunjuk seperti area dibawah kelopak mata, dagu dan tulang leher, dan kepala. Mereka kemudian diajak membayangkan materi soal matematika yang dianggap susah menjadi mudah sambil memejamkan mata.

Advertisement

“Bayangkan semuanya menjadi mudah,” kata Nuri Cahyawati, selaku motivator spiritual emotional freedom technik (Seft).

Nuri mengatakan metode Seft sering dia terapkan untuk anak-anak sekolah yang akan menghadapi ujian agar tidak cemas, tidak khawatir dengan soal-soal Ujian Nasional. Dia ingin menanamkan pada siswa untuk yakin dengan usahanya kemudian pasrah setelah berusaha. “Gerakan meredian membantu menringankan rasa cemas, jengkel dan marah,” kata dia.

Mutia Atma Agita, 12, salah satu siswi kelas VI mengaku lebih tenang setelah diterapi. Dia siap menghadapi ujian nasional bahkan berani menargetkan nilai 9 semua materi ujian nasional.

Selain motivasi untuk siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional, turut dihadirkan juga orangtua mereka. Para wali murid kelas VI ini pun diberikan terapi diruang terpisah dengan motivator yang berbeda.

Kepala Sekolah SD Negeri III Playen Mugiyana mengatakan, kesuksesan siswa tidak hanya tanggungjawab sekolah melainkan orangtua juga perlu terlibat banyak karena siswa lebih banyak di rumah. “Orangtua harus membantu memberikan motivasi kepada anaknya,” kata dia.

Mugiyana mengaku untuk mempersiapkan Ujian Nasional SD, pihaknya sudah memberikan latihan-latihan dan try out oleh guru-guru khusus sesuai dengan materi yang akan diujikan. Dia berharap siswanya bisa lulus 100%. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement