Advertisement

Pemkab Kulonprogo Kebut Penggarapan Sabuk Hijau di Kawasan YIA

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:27 WIB
Sunartono
Pemkab Kulonprogo Kebut Penggarapan Sabuk Hijau di Kawasan YIA Kondisi terminal kargo di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (9/7/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Setelah ditinggal Hasto Wardoyo yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo yang saat ini menggantikan posisi Hasto mengaku akan mengebut penggarapan sabuk hijau.

Sutedjo mengatakan, penggarapan sabuk hijau merupakan komitmen dari Pemkab Kulonprogo sebagai upaya mitigasi bencana tsunami di SelatanĀ Yogyakarta International Airport (YIA). Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu pengosongan lahan yang dipakai petambak.

Advertisement

"Kami akan kebut, yang kami siapkan pelaksanaannya nanti itu secara bertahap saja, yang sudah dikosongkan kita tanami," ujarnya pada Sabtu (20/7/2019). Ia mengatakan, pihaknya sudah memberikan batas waktu pengosongan pada petambak sampai 30 Oktober 2019 mendatang.

Surat edaran sudah diberikan sejak 8 Juli lalu pada para petambak agar bisa dikosongkan lahannya. "Jadi yang belum panen tunggu sampai panen, yang sudah panen itu dikosongkan, nanti jangan ditebar benih lagi," kata Sutedjo.

Pembuatan sabuk hijau merupakan suatu keharusan. Komitmen yang dijalankannya itu sebagai upaya mitigasi dari adanya potensi tsunami di Selatan Bandara YIA. Sebelumnya, 2.000 pohon sudah ditanam, namun di beberapa tempat selain lahan yang dipakai petambak udang. Setelahnya, pembuatan sabuk hijau akan mulai merambah kawasan yang dipakai petambak.

Saat ini, berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo dari 230 tambak yang beroperasi di Selatan Bandara YIA, sudah ada 35 tambak yang kosong dan akan jadi target penanaman pohon untuk sabuk hijau. Tambak tersebut memanjang di beberapa desa antara lain Desa Sindutan, Palihan, Jangkaran dan Glagah.

Bupati sebelumnya Hasto Wardoyo yang kini menjabat sebagai Kepala BKKBN mengatakan, pembuatan sabuk hijau merupakan salah satu prioritas yang harus dikerjakan Pemkab sepeninggalnya. "Saat ini Pak Tedjo [Sutedjo] sudah cepat mengerjakan persiapan green belt," katanya pada Selasa lalu saat pelepasan Hasto.

Manajer Proyek Pembangunan Bandara YIA, Taochid Purnomo Hadi berharap, Pemkab Kulonprogo dapat bergerak cepat mengejar pembuatan sabuk hijau. "Kami hanya pasif, tapi di sini Angkasa Pura I hanya istilahnya mengingatkan saja. YIA pengoperasian penuh sebentar lagi, maka sabuk hijau juga harus segera dibuat," jelas Taochid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Terbitkan Aturan Turunan Terkait Tindak Pidana Kekerasan Seksual

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement