Advertisement

Kerajinan dan Kuliner Jadi Potensi Kampung Badran

Lugas Subarkah
Senin, 07 Oktober 2019 - 08:07 WIB
Sunartono
Kerajinan dan Kuliner Jadi Potensi Kampung Badran Warga Badran, Kota Jogja memamerkan potensi kerajinan dalam Dodolan Kampung, Jumat (4/10/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kampung Badran terletak di Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Jogja. Beragam potensi kampung ini dieksplorasi oleh Tim Konco Kampung, sebutan untuk rombongan dalam kegiatan Dodolan Kampung, Jumat (4/10/2019).

Di kampung Badran terdapat banyak potensi, diantaranya yakni kerajinan dan kuliner. kerajinan seperti kain batik, syal leher yang unik dan kerajinan lainnya. Lalu untuk kuliner juga tersedia seperti jamu, olahan sayur, olahan buah, kripik sukun, dan masih banyak lainnya.

Advertisement

Camat Jetis, Kota Jogja Sumargandi, mengatakan di kecamatan Jetis terdapat tiga kelurahan, yakni Cokrodiningratan, Gowongan dan Bumijo. Ketiganya memiliki keunikan masing-masing, semisal di Cokrodiningratan yang saat ini tengah dikembangkan kampung wisata berbasis sungai dan kerajinan jumputan.

“Setiap wilayah mempunyai potensi masing-masing, kampung Badran ini memiliki cukup banyak potensi wilayahnya seperti kerajinan dan kuliner. Sekarang sedang diadakan dodolan kampung, yang mana kuliner dan kerajinan tersedia dengan harga yang terjangkau” katanya.

Letak Kampung Badran cukup strategis karena tidak jauh dari pusat kota dan jalannya dapat dijangkau. Ini membuat bermacam potensi kampung semakin mudah diakses dan lebih besar pula peluang menjadi pendukung bagi kampung wisata di sekitarnya.

“Badran ini juga bisa kita jumpai potensi wisatanya, karena Badran termasuk kampung sayur maka dengan adanya hal tersebut potensi wisata untuk mengunjungi kampung sayur cukup bisa,” ujar Sumargandi.

Di Badran dapat kita temukan di kanan dan  kiri jalan kampung terdapat banyak tanaman sayuran seperti kembang kol, pari, cabai, tomat, yang beberapa telah berbuah. Ini merupakan implementasi program lorong sayur yang digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jogja, Edy Muhammad, berharap agar potensi yang ada di kampung Badran ini bisa dikembangkan dan ditingkatkan. "Potensi ini bisa menjadi sarana pemberdayaan dan penguat ekonomi masyarakat," ujarnya.

Dodolan Kampung merupakan kegiatan mengunjungi kampung-kampung di Kota Jogja yang dilakukan rutin setiap Jumat. Tim Konco Kampung biasanya terdiri dari perwakilan DPMPPA Kota Jogja, Forum LPMK Kota Jogja dan pengurus kampung setempat.

Adapun kegiatan dalam Dodolan Kampung yakni melihat lebih dekat beragam potensi yang dimiliki kampung, berbagi ilmu dan menciptakan branding kampung. Hasil dari kunjungan itu akan menjadi masukan bagi Pemkot dalam memetakan program pemberdayaan agar sesuai potensi setiap wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement