Libur Akhir Tahun, Gunungkidul Targetkan 147.000 Kunjungan Wisatawan

Wisatawan menikmati pemandangan alam dari atas perbukitan di kawasan Pantai Kesirat, Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan
16 Desember 2020 15:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI--Dinas Pariwisata Gunungkidul menetapkan target 147.067 pengunjung saat libur akhir tahun mulai 24-31 Desember. Diharapkan dengan tingkat kunjungan ini dapat menambah pedapatan asli daerah sebesar Rp1,1 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, pihaknya udah membuat persiapan untuk menyambut libur akhir tahun. Diprediksi pada saat libur ini akan ada tambahan kunjungan dan ditargetkan ada 147.067 orang yang berkunjung ke destinasi wisata di Gunungkidul.

BACA JUGA : Wisata Pantai Gunungkidul Dipadati Pengunjung, Jaga Jarak

“Memang ada pengurangan cuti bersama untuk libur akhir tahun, tapi kunjungan wisatawan diprediksi ada lonjakan yang signifikan,” kata Asti, Rabu (16/12/2020).

Dia pun optimistis target ini bisa dipenuhi saat libut akhir tahun. Diharapkan dengan adanya tambahan kunjungan itu berdampak terhadap bertambahnya PAD wisata melalui pendapatan retribusi sebesar Rp1,1 miliar. “Kami yakin bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Asti menuturkan, untuk libur akhir tahun tidak ada persiapan khusus seperti adanya pementasan saat libur berlangsung. Hal ini dikarenakan adanya pandemic corona yang masih mengancam penularan di masyarakat. Oleh karenanya, persiapan hanya sebatas koordinasi untuk memastikan pelaksanaan liburan bisa menaati protokol kesehatan.

BACA JUGA : Jakarta PSBB, Seperti Ini Suasana Wisata di Gunungkidul

“Ada 511 personel yang diterjunkan yang merupakan gabungan dari pegawai di dinas pariwisata, pemkab hingga lintas sektoral seperti TNI-Polri hingga relawan SAR,” katanya.

Ia menambahkan, tugas dari tim yang diterjunkan, selain untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas juga mengawasi kepatuhan pengunjung terhadap protokol kesehatan di kawasan wisata.

“Ini untuk antisipasi penyebaran virus corona di masyarakat, khususnya di kawasan wisata. Sebab, dengan menerapan protokol kesehatan menjadi salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus,” katanya.

Menurut dia, untuk libur di awal tahun baru, dinas pariwisata menargetkan kunjungan sebanyak 57.765 pengunjung. Diharapkan dari kunjungan ini bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp439.592.500.

“Ya kalau ditotal semua [libur akhir tahun dan awal 2021] kami targetkan kunjungan 204.822 orang dan PAD sebesar Rp1,5 miliar,” imbuhnya.

BACA JUGA : Terus Menggeliat, 50 Destinasi Wisata di Gunungkidul Telah

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indoensia (PHRI) Gunungkidul, Sunyoto mengatakan, secara kesiapan anggotanya sudah siap menyambut wisatawan pada saat libur akhir tahun. Menurut dia, untuk antisipas penyebaran virus corona telah melakukan antisipasi dengan menerapakan protokol kesehatan serta menyediakan faslitias cuci tangan dan handanitizer bagi pengunjung yang datang. “Sudah kami persiapkan,” katanya.

Menurut dia, kondisi pariwisata sekarang ini sudah mengalami peningkatan. Hal ini berbeda pada saat awal pandemi yang membuat sektor pariwisata berhenti total. “Sudah ada peningkatan, meski belum bisa normal seperti sebelum pandemi. Kami bersyukur karena usaha bisa dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.