Advertisement

Antisipasi Penyakit Kuku Mulut, Ini yang Dilakukan Pemkot Jogja

Sirojul Khafid
Minggu, 15 Mei 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Antisipasi Penyakit Kuku Mulut, Ini yang Dilakukan Pemkot Jogja Ilustrasi sapi. - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pertanian dan Pangan mengintensifkan pemeriksaan hewan ternak yang masuk Rumah Potong Hewan (RPH) Giwangan. Hal ini sebagai upaya mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Suyana, mengatakan, sebelumnya pemeriksaan dilakukan sebelum pemotongan. Tetapi sekarang pemeriksaan berlangsung begitu hewan ternak seperti sapi masuk rumah potong.

Advertisement

BACA JUGA: Polisi Benarkan Ada Pemuda NTT Dibacok di Depan SPBU Pakualaman

Apabila ada temuan hewan yang tidak sehat atau menunjukkan gejala yang mengarah pada PMK, maka sapi tersebut akan langsung dikarantina.

"Kami memiliki kandang karantina di RPH Giwangan. Jadi sapi yang terindikasi sakit akan langsung dipisahkan dari sapi lain supaya tidak terjadi penularan yang meluas," kata Suyana, Sabtu (14/5/2022).

Pada dasarnya, PMK bisa menyerang ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Penyakit hewan dengan tingkat penularan tinggi itu ditandai dengan gejala berupa demam, mulut penuh ludah dan berbusa, luka di sekitar mulut, gusi, dan kulit di sekitar kuku, penurunan nafsu makan, serta tubuh lemah yang membuat hewan sering berbaring.

Hewan ternak yang dikarantina karena terserang PMK bisa disembelih. Namun kemudian dibuang isi perut, kulit, serta bagian tubuh yang sakit. Bisa juga diobati terlebih dahulu hingga sembuh, baru setelahnya dipotong.

BACA JUGA: Pergantian Bregada Jaga Pakualaman Jadi Destinasi Wisata Budaya

Selain upaya pemeriksaan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja juga akan mengubah jam penyembelihan ternak di RPH Giwangan dari dini hari menjadi sore hari. Sehingga daging hewan yang disembelih dapat dilayukan dulu sebelum dijual ke pasar.

"Biasanya, begitu sapi selesai dipotong maka daging akan langsung didistribusikan ke pasar, baru dilayukan oleh pedagang dengan cara digantung," kata Suyana.

Pelayuan daging merupakan salah satu cara untuk mematikan virus penyebab PMK. "Penyakit ini berpotensi memengaruhi ekonomi peternak karena sapi yang terpapar tentu akan dijual dengan harga murah," katanya.

Di samping itu, sudah ada sosialisasi kepada peternak mengenai pentingnya upaya menjaga kebersihan kandang dan menjaga kesehatan hewan. Hal ini untuk menghindari penularan PMK pada sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Adapula upaya pengawasan lalu lintas pengiriman hewan ternak di wilayah perbatasan. Tidak hanya di jalan utama, pengawasan juga di jalan-jalan alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement