Advertisement

Pameran "Di Bawah Langit Merapi" Dibuka di Museum Monjali

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 20 September 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Pameran talkshow bertema Di Bawah Langit Merapi, Selasa (20/9/2022), di Museum Monumen Yogya Kembali - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Museum Gunung Api Merapi mengadakan pameran temporer dan talkshow bertema ‘Di Bawah Langit Merapi’, Selasa (20/9/2022), di Museum Monumen Yogya Kembali.

“Tema yang kita ambil, karena tahun 2006 terjadi gempa dan erupsi Merapi, sehingga kita menolak lupa. Kita belajar dari masa lalu, perlunya ada mitigasi bencana,” kata Mei Hartini Plt Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Gunung Api Merapi, Selasa.

Advertisement

Rangkaian acara yang berlangsung pada 20-24 September 2022, diawali dengan talkshow dengan narasumber Budiarta Kepala Seksi Observasi Sta. Geof. Kelas I Sleman, Juru Kunci Gunung Merapi Mas Lurah Suraksosihono, dan Sulistiyani, Sub Koordinator Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Dalam talkshow tersebut, Sulistiyani menjelaskan Indonesia memiliki banyak gunung api aktif, sehingga Indonesia rawan terhadap bencana.

Meski saat ini Gunung Api Merapi statusnya siaga 3, Mas Lurah Suraksosihono menyebutkan masyarakat berupaya untuk terus waspada terhadap berbagai kemungkinan yang ada. “Masyarakat melakukan upaya peningkatan kewaspadaan, supaya kalau nanti ada sesuatu nanti mereka siap siaga, kalau harus turun ya harus turun,” kata Mas Lurah Suraksosihono.

BACA JUGA: Konflik Penolakan LDII di Sleman Belum Ada Titik Temu

Selain talkshow, terdapat pula pameran yang menampilkan koleksi dari Museum Gunung Api Merapi. “Pameran ini dari bukti-bukti dulu, harapannya pengunjung museum dapat menggali manfaat dari sini,” imbuh Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement