Advertisement

Harus Menanggung Beban Sendiri, Ibu di Bantul Karang Cerita Temukan Bayi di Depan Rumah

Ujang Hasanudin
Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Harus Menanggung Beban Sendiri, Ibu di Bantul Karang Cerita Temukan Bayi di Depan Rumah Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Penemu bayi laki-laki di depan rumah di Dusun Ngentak RT01, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Bantul, yang sempat menghebohkan warga sekitar ternyata ibu kandungnya sendiri. Pembuang bayi tersebut berinisial EP, 18, yang sengaja mengarang cerita menemukan bayi pada Kamis (22/12/2022).

Ibu kandung dari bayi tersebut mengarang cerita dengan meletakkan bayinya dalam kondisi tanpa pakaian di depan rumah karena malu hamil di luar nikah. Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman mengatakan pada Kamis sekitar pukul 02.00 WIB, EP seolah menemukan bayi di depan rumahnya, kemudian membawanya masuk ke kamar.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Selanjutnya karena takut dan bingung akhirnya sekitar pukul 10.00 WIB dia memberitahukan kepada ibunya bahwa ia menemukan bayi tersebut di depan rumah” kata Nandang, saat dihubungi Jumat (23/12/2022).

Ibu EP kemudian memberitahukan kepada warga sekitar mengenai penemuan bayi tersebut, lalu warga menghubungi Polsek Kasihan. Warga dan polisi membawa bayi laki-laki tersebut ke Puskesmas Kasihan I untuk dirawat.

Unit Reskrim Polsek Kasihan kemudian menyelidiki siapa pembuang bayi iti. Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dari hasil olah TKP, polisi menemukan plasenta atau ari-ari bayi di kamar EP. Polisi kemudian membawa EP ke Puskesmas Kasihan I.  

“Setelah pemeriksaan medis oleh bidan Puskesmas Kasihan I, di tubuh EP ditemukan tanda-tanda atau diagnosa post partum atau pasca-melahirkan. Kemudian kami introgasi EP dan dia mengakui bahwa bayi tersebut adalah anak kandungnya,” ujarnya.

Nandang mengatakan EP sengaja membuat cerita seolah menemukan bayi padahal itu bayinya karena hamil di luar nikah. EP belum memiliki suami.

BACA JUGA: Dentuman Keras pada Kamis Siang di Gunungkidul Masih Jadi Misteri

Menurut pengakuan EP, kata Nandang, EP hamil karena melakukan hubungan layaknya suami istri dengan pacarnya berinisial MR, 18, warga Rongkop, Gunungkidul. Hubungan layaknya suami istri tersebut dilakukan di indekos di wilayah Giwangan, Umbulharjo.

“Untuk saat ini kondisi bayi dalam keadaan baik di rawat di RSUD Panembahan Senopati dan saudari EP dalam kondisi baik saat ini mendapatkan perawatan di Puskesmas Kasihan 1,” kata Nandang.

Disinggung soal proses hukum, Nandang mengaku saat ini masih menunggu proses pemulihan dari pelaku EP yang masih dalam perawatan di Puskesmas Kasihan I. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement