Advertisement

Perayaan Paskah di Gereja Ganjuran, Umat Dilarang Bawa Tas Besar dan Barang Berharga

Yosef Leon
Rabu, 05 April 2023 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Perayaan Paskah di Gereja Ganjuran, Umat Dilarang Bawa Tas Besar dan Barang Berharga Suasana perayaan misa Minggu Palma di Gereja HKTY Ganjuran Bantul pada Minggu (1/4/2023) yang menandai perayaan pekannsuci Paskah 2023 - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran melarang umat membawa tas berukuran besar dan barang berharga saat perayaan misa tri hari suci Paskah 2023 yang akan dimulai pada Kamis (6/5/2023) dengan ibadah Kamis Putih. Kebijakan itu diambil untuk keamanan gereja. 

Ketua Dewan Paroki Gereja HKTY Ganjuran Aris Setiawan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran keamanan setempat untuk pengamanan gereja selama perayaan tri hari suci Paskah 2023 berlangsung. Pihaknya memastikan tidak lagi ada pembatasan dalam perayaan misa di gereja setempat. 

Advertisement

"Semua sudah dipersiapkan, sama seperti tahun lalu misa tri hari suci masing-masing dua kali. Tidak ada pembatasan umat," ujarnya Rabu (5/3/2023). 

Perayaan pekan suci Paskah dimulai sejak misa minggu Palma yang ditandai dengan arak-arakan umat dengan membawa daun palma. Prosesi itu untuk mengenang sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus. Kemudian dilanjutkan dengan misa Kamis Putih yang diselenggarakan 6 April 2023 pada pukul 17.00 WIB dan 21.00 WIB, Jumat Agung pada pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB, Sabtu Suci pukul 18.00 WIB dan 21.00 WIB. 

BACA JUGA: Pimpinan Panti Asuhan di Kulonprogo Dihukum 17 Tahun Penjara karena Memperkosa Anak Asuh

"Dan puncaknya Paskah Pagi pada pukul 07.30 WIB dan 10.00 WIB. Semua misa juga akan disiarkan secara live streaming lewat YouTube gereja Ganjuran," ungkapnya. 

Aris menambahkan, pada perayaan misa tri hari suci Paskah 2023 pihaknya tidak menerapkan pembatasan kepada jemaat. Hanya saja, umat yang merasa tidak enak badan diimbau untuk mengikuti perayaan misa secara daring. Proses mengikuti misa pun tidak lagi berlangsung seperti pandemi Covid-19 dengan memindai kode batang dan registrasi. 

"Kami juga sudah koordinasi dengan tim keamanan gabungan untuk pengamanan misa selama tri hari suci Paskah berlangsung," pungkasnya. 

Kepala Seksi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, menjelang perayaan Paskah biasanya akan ada sterilisasi gereja di wilayah setempat yang dilakukan oleh tim Gegana Brimbob DIY termasuk gereja HKTY Ganjuran. Pihaknya juga tengah berkoordinasi untuk menentukan jumlah personel yang diteruskan dalam pengamanan Paskah mendatang. 

"Jumlah personel yang diterjunkan masih dikoordinasikan hari ini. Tapi pasti ada pengaman sama seperti tahun sebelumnya," ungkap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement