Advertisement

Lagi, Tiga Orang Warga Tewas Akibat Miras Oplosan, Seorang Lainnya Dirawat di PKU Gamping

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 07 Oktober 2023 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Lagi, Tiga Orang Warga Tewas Akibat Miras Oplosan, Seorang Lainnya Dirawat di PKU Gamping Minuman keras - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua orang warga Kasihan Bantul dan seorang warga Jogja dilaporkan meninggal diduga akibat minuman keras (miras) oplosan. Peristiwa ini menambah panjang daftar kasus warga yang meninggal akibat mengonsumsi miras oplosan di wilayah DIY.

Kedua warga Kapanewon Kasihan, Bantul yang tewas tersebut diagnosa intoksikasi metanol atau keracunan minuman keras (miras) oplosan. Pasien pertama meninggal dunia pada hari Minggu 1 Oktober 2023 dan seorang lainnya meninggal pada Senin 2 Oktober 2023.

Advertisement

"Pasien pertama yang masuk, RY, laki-laki berusia 20 tahun. Masuk pada Minggu sore, habis asyar. Meninggal jam 20.30 WIB, posisi masih di UGD. Kemudian pasien kedua, BS, masuk Minggu malam jam 20.00 WIB, laki-laki usia 27 tahun meninggal pada Senin jam 04.00 pagi," jelas Humas PKU Muhammadiyah Gamping, Rubiyanto, Sabtu (7/10/2023).

Kedua pasien saat masuk UGD sudah dalam tahap kritis. Terjadi penurunan kesadaran, sesak nafas dan kekurangan oksigen dalam tubuh pasien. "Kedua pasien saat datang kondisinya sangat buruk. Itu hasil tesnya saat itu. Kedatangan kedua pasien tidak bersamaan dan yang mengantar tidak saling mengenal. Hanya saja, gejalanya sama-sama intoksikasi metanol," jelasnya.

BACA JUGA: Begini Kronologi Warga Kulonprogo Tewas Akibat Miras Oplosan

Berbeda dengan keduanya, lanjut Rubi, seorang pasien lainnya, AY, laki-laki usia 50 tahun masuk pada Kamis 5 Oktober 2023 sekitar pukul 08.00 WIB dan sampai saat ini masih dirawat di ICU. AY tercatat sebagai warga Gamping, Sleman. Dia dirawat dengan diagnosa intoksikasi alkohol.

Kondisi pasien sebelumnya dirawat dalam pengawasan di critical care ICU karena terjadi penurunan kesadaran dan obat-obatnya masih disupport life saving. "Saat ini, kondisi pasien mulai membaik setelah dirawat di ICU. Rencananya sore ini akan dipindah ke bangsal perawatan," paparnya.

Kasus pasien dengan intoksikasi metanol hingga menyebabkan korban meninggal dunia, baru pertama terjadi tahun ini. Dia berharap masyarakat tidak mengonsumsi miras oplosan karena kadar alkoholnya tidak bisa terukur. Apalagi jika dicampur dengab bahan lainnya.

"Sebenarnya mendekati minuman alkohol saja tidak boleh apalagi minum minuman beralkohol. Ditambah lagi miras oplosan, itu sangat mematikan. Kasus seperti ini sering terjadi di masyarakat dan kami imbau agar jangan mendekati apalagi mengonsumsi miras oplosan karena taruhannya adalah nyawa," tuturnya.

BACA JUGA: Terungkap! Ini Jenis Miras Oplosan yang Renggut Nyawa 5 Warga Bantul

Terpisah, Pj Humas RS PKU Jogja Alfis Khoirul Khisoli mengakui terdapat seorang pasien laki-laki warga Pingit Kota Jogja pada Jumat (6/10/2023) sore. Dia belum dapat merinci penyebab kematian pasien tersebut namun demikian kuat dugaan akibat intoksikasi alkohol. "Pasien sempat dirawat di ICU namun dinyatakan meninggal pada kemarin sore. Apakah ada keterkaitannya denga rentenan kejadian sebelumnya, kami tidak tahu," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement