Advertisement

Tak Bisa Hanya Andalkan Drainase, Masyarakat Harus Terapkan Zero Runoff untuk Cegah Banjir dan Genangan

Catur Dwi Janati
Senin, 26 Februari 2024 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tak Bisa Hanya Andalkan Drainase, Masyarakat Harus Terapkan Zero Runoff untuk Cegah Banjir dan Genangan Ilustrasi hujan deras disertai angin. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengamat Tata Kota UGM, Ikaputra menilai kota yang baik seharusnya menerapkan aturan di mana semua persil bangunannya tidak mengeluarkan air hujan yang tumpah dari atapnya ke gorong-gorong. Air yang tumpah dari rumah per rumah bisa ditampung melalui biopori atau sumur resapan di masing-masing rumah.

"Karena apa, sebagus apapun gorong-gorong, jika itu berkumpul, makin ke gorong-gorong besar makin banyak. Begitu maintainance-nya tidak baik, misalnya ketutup sampah maka volumenya akan berkurang untuk menampung," tegasnya pada Senin (26/2/2024).

Advertisement

Konsep yang dinilai paling baik saat ini adalah menerapkan zero runoff system. Konsep ini membuat air limpasan harus dikelola oleh setiap persil bangunan dan air limpasan yang keluar dari tiap persil dapat ditekan seminim mungkin dan tidak membebani gorong-gorong di luar kawasan persil. "Istilahnya adalah zero runoff atau pelimpahan nol jadi tidak ada pelimpahan air dari rumah kita, nol," terangnya.

Baca Juga

Genangan dan Banjir Masih Ditemui di Jogja, Pemkot Salahkan Debit Air yang Tinggi

Jogja Tergenang Air Saat Hujan Deras, Saluran Air Lama Belum Disesuaikan

Kerap Terjadi Hujan, Bantul Masih Krisis EWS Banjir

Selain menggunakan biopori dan sumur resapan, warga juga bisa memanen air hujan ketimbang mengeluarkannya dari kawasan perihal. Air hujan hasil panenan dapat digunakan saat kemarau panjang seperti yang terjadi pada tahun lalu.

Di sisi lain Ikaputra menyakini drainase telah banyak dibangun di wilayah perkotaan. Namun yang menjadi catatan adalah aspek kemiringan dan arah aliran air agar tidak menimbulkan genangan.

"Saya yakin lah drainase itu di kiri kanan sudah cukup. Tapi memang ada juga masalah kemiringan. Kalau di ring road itu kan hanya ada satu sisi yang menggenang, itu berarti kan aliran air mungkin perlu diperhatikan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement