Advertisement

Setelah Vaksin Polio, Anak di Sleman Bakal Menjalani Imunisasi JE

David Kurniawan
Jum'at, 08 Maret 2024 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Setelah Vaksin Polio, Anak di Sleman Bakal Menjalani Imunisasi JE Pemberian vaksin difteri / Ilustrasi Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kesehatan Sleman memastikan adanya program vaksinasi Japanese Encephalitis (JE) di tahun ini. Meski demikian untuk pelaksanaan masih menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat.

Penyelenggaran vaksin JE tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI No: JK.01.07/MENKES/1462/2023 tentang Pemberian Imunisasi JE di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat dan DIY. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan, sasaran vaksinasi JE diberikan kepada anak-anak yang berusia 15 tahun ke bawah.

Advertisement

Pelaksanaan vaksinasi merupakan Keputusan dari Pemerintah pusat dan dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi DIY.“Ini program dari pusat dan akan dilaksanakan juga di Kabupaten Sleman,” kata Yuli, Jumat (8/3/2024).

Meski demikian, ia mengakui belum bisa memastikan kapan vaksinasi dilakukan. Dia berdalih, pelaksanaan masih menunggu instruksi resmi dari Kementerian Kesehatan. “Sudah kami persiapkan dengan memulai proses pendataan anak-anak yang akan mengikuti vaksin,”katanya.

Disinggung mengenai keberadaan kasus penyakit JE, Yuli memastikan di Kabupaten Sleman tidak ada pasien penyakit tersebut. Ia berharap tidak ada temuan kasus berkaitan dengan penyakit ini. Semoga tidak ada kasus JE di Sleman,” katanya.

Baca Juga

Dinas Kesehatan Jogja Siapkan Puluhan Ribu Anak Diimunisasi Japanese Encephalitis

Jadwalkan Imunisasi JE September 2024, Dinkes Bantul Mulai Mendata Jumlah Anak

Meski Tak Ada Kasus, Pemkot Jogja Akan Gencarkan Vaksin JE

Rencana pemberian vaksin JE, bukan satu-satunya program vaksinasi yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman pada tahun ini. Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama mengatakan, di awal tahun ini, anak-anak di Sleman mendapatkan vaksinasi polio.

Pelaksanaan vaksinasi Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) polio tidak lepas adanya temuan kasus positif di Klaten yang berbatasan dengan Sleman. Atas temuan kasus ini, Klaten ditetapkan sebagai wilayah Kejadian Luar Biasa (KLB) polio sehingga upaya pencegahan di Bumi Sembada diintesifkan.

Menurut dia, salah satu upaya dengan memberikan vaksinasi tetep kepada anak berusia 0-7 tahun. Adapun pemberian vaksin polio dilaksanakan dua kali. Untuk kasus, Cahya mengungkapkan Sleman sudah tidak ada kasus polio sejak 2007 lalu. “Vaksin polio yang diberikan saat ini untuk melengkapi sehingga anak-anak benar-benar terhindar dari penyakit polio. Sebab, penyakit ini tidak ada obatnya dan pencegahan bisa dilakukan melalui program imunisasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement