Advertisement

Sharing Entrepreneurship Bekali Mahasiswa Kemampuan Berwirausaha

Sunartono
Kamis, 28 Maret 2024 - 08:27 WIB
Sunartono
Sharing Entrepreneurship Bekali Mahasiswa Kemampuan Berwirausaha Mahasiswa mengikuti kegiatn pelatihan wirausaha. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa perlu dibekali dengan kemampuan bidang kewirausahaan. Sebuah kegiatan bertajuk Sharing Entrepreneurship Campuspreneur#I dengan tema Business Idea & Creativepreneur at Ramadhan digelar di Kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Senin (25/3/2024).

Kegiatan yang dihelat Inkubator Bisnis (Inkubis) UMBY bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi UKM DIY ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Kegiatan ini juga sekaligus pendampingan penjaringan ide bisnis dalam menumbuhkan wirausaha kampus dengan diikuti ratusan mahasiswa.

Advertisement

BACA JUGA : Ciptakan Mahasiswa Wirausaha Sukses, Unisa & Kemendag Gelar Lecture Series

“Kegiatan ini sejalan dengan visi kami menjadikan perguruan tinggi unggul di bidang sociopreneur di tingkat nasional. Maka berbagai langkah kami lakukan mulai dari kegiatan perkuliahan, termasuk kerja sama dengan BPD dan PLUT Dinas Koperasi UKM DIY. Harapannya membuka wawasan pada mahasiswa setelah lulus tidak selalu menjadi pegawai tapi bisa menjadi para entrepreneurship,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UMBY Wafit Dinarto.

Koordinator Utama Inkubis Azfa Mutiara Ahmad Pabulo menambahkan lembaganya didedikasikan untuk mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan wirausaha dan start up di kampus. Selain itu berperan dalam mengembangkan ekosistem bisnis lokal kampus dengan menyediakan berbagai sumber daya, mentor dan infrastruktur. Dengan demikian mahasiswa dapat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan bisnis mereka.

“Salah satu aspek penting dari Inkubator Bisnis adalah memberikan akses kepada wirausaha kampus [mahasiswa preneur]. Ke depan diharapkan mereka dapat mengisi Pojok Campuspreneur yang berada di Kampus UMBY," katanya.

Adapun Pojok Campuspreuner menjadi salah satu wujud nyata dari implementasi program CSR BPD DIY melalui program wirausaha belia. Perwakilan BPD DIY Supoyo berharap dengan adanya Pojok UMKM bisa dimanfaatkan mahasiswa sebagai ajang pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha.

Kolaborasi sangat dibutukan karena bidang UMKM tidak bisa berdiri sendiri, butuh keterlibatan berbagai pihak. Mulai dari dari pelaku, pendampingan dari Dinas UMKM dan selanjutnya dari sisi bisnis dan media sosial. "Kami dari sisi bisnis siap hadir mendukung mahasiswa untuk bisa berwirausaha,” katanya.

BACA JUGA : Ratusan UMKM Perempuan Ikuti Pelatihan 1000 Srikandi Bangkit dan Berkarya

Melalui Inkubis, mahasiswa mendapatkan pendampingan usaha untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka, mengurangi risiko kegagalan dan memperluas jaringan usaha. Selain itu, Inkubis berperan dalam meningkatkan inovasi dan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa preneur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Tetap Ibu Kota Indonesia hingga Ada Penetapan Baru

News
| Senin, 29 April 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement