Advertisement

BPBD Bantul Optimalkan Petugas Pemadam Kebakaran Selama Libur Lebaran 2024

Jumali
Kamis, 04 April 2024 - 10:17 WIB
Ujang Hasanudin
BPBD Bantul Optimalkan Petugas Pemadam Kebakaran Selama Libur Lebaran 2024 Pemadam Kebakaran - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, akan mengoptimalkan kesiapsiagaan petugas pos pemadam kebakaran di wilayahnya selama libur Lebaran 2024.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan, sejauh ini tidak ada penambahan personel jelang libur Lebaran 2024. Namun, pihaknya akan mengoptimalkan 105 personel yang bertugas di beberapa pos Damkar di Kabupaten Bantul. Selain di pos induk BPBD Bantul, personel itu juga mengisi pos Damkar di Sedayu, Kasihan, Banguntapan, Piyungan, Pundong, dan Imogiri.

Advertisement

“Jadi kami optimalkan keberadaan mereka. Jika suatu saat ada peristiwa kebakaran, mereka akan langsung bergerak. Karena memang ada petugas pike yang tetap berjaga saat libur Lebaran 2024,” katanya, Kamis (4/4/2024).

Irawan mengatakan optimalisasi pos damkar itu karena pihaknya memandang potensi terjadinya kasus kebakaran selama libur Lebaran justru meningkat. Meskipun diakuinya, pada Maret 2024, jumlah kebakaran di Bantul ada 12 kejadian, Februari ada 5 kejadian, dan Januari ada 14 kejadian.

“Untuk kejadian kebakaran pada saat libur Lebaran tahun lalu memang tidak ada. Tapi melihat tren yang ada tiga bulan terakhir, kami tetap siaga dan harus bersiap mengantisipasinya,” papar Irawan.

Terkait dengan antisipasi bahaya atau kejadian kebakaran, Irawan mengaku terus mengimbau kepada masyarakat untuk mengecek kembali barang dan pintu rumah. Jangan sampai rumah saat ditinggal, berpotensi terjadi kebakaran. Seperti melepas regulator kompor dan melepas aliran listrik yang ada di elektronik.

BACA JUGA: Tarif Retribusi Wisata Bantul Resmi Naik, Segini Besarannya

“Untuk patroli kami memang tidak menyiapkan tim. Tapi, kami optimalkan relawan kebakaran untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Jika melihat potensi atau kejadian kebakaran, segera melaporkan ke kami,” katanya.

Objek wisata

Sementara terkait antisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan di kawasan objek wisata, khususnya pantai, selama libur Lebaran, Irawan mengatakan pengamanan dilakukan oleh tim pencarian dan penyelamatan (SAR). Ada tiga koordinator wilayah di sepanjang pantai selatan yang akan bertugas mengamankan wisatawan selama libur Lebaran 2024.

“Teknisnya kami serahkan ke teman-teman SAR,” katanya.

Sementara Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Parangtritis , M. Arif Nugraha mengatakan telah menyiapkan sebanyak 69 personel untuk mengamankan wilayahnya. Selain akan mengingatkan wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis untuk tidak mandi di laut, petugas juga akan berjaga dan langsung bergerak jika ada wisatawan yang tenggelam dan kecelakaan laut.

"Kami berharap imbauan dan larangan yang ada bisa ditaati oleh para pengunjung,” harap Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement