Advertisement

Permintaan Terus Meningkat, Pemkab Sleman Buka Opsi Impor Air dari Magelang

David Kurniawan
Minggu, 25 Agustus 2024 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Permintaan Terus Meningkat, Pemkab Sleman Buka Opsi Impor Air dari Magelang Ilustrasi. - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman membuka opsi untuk mengimpor air bersih dari wilayah Magelang, Jawa Tengah. Hal ini tak lepas dari kebutuhan yang semakin meningkat setiap waktunya.

“Sumber air di lereng Merapi sudah berkurang karena tertutup erupsi. Sedangkan dari sisi permintaan terus bertambah setiap waktunya,” kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Sabtu (24/8/2024)

Advertisement

Menurut dia, penjajakan awal untuk bekerja sama dengan Magelang sudah disampaikan saat pertemuan kepala daerah se-Indonesia jelang peringatan kemerdekaan di Ibukota Nusantara. “Sudah ada komunikasi awal dan teknis kerja sama akan ditangani oleh PDAM,” katanya.

BACA JUGA: BPBD Bantul Sudah Dropping 26 Tangki Air Bersih ke Lokasi Kekeringan

Kustini menekankan, pentingnya menjaga ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat sehingga tidak terjadi krisis. Alasan Magelang dipilih karena letaknya berdekatan, di sisi lain juga ada banyak sumber berada di wilayah perbatasan.

“Kebetulan sumber airnya di wilayah perbatasan, tapi masuk di Magelang. Makanya dibuka peluang kerja sama untuk pemanfaatan agar airnya bisa dipergunakan memenuhi kebutuhan bagi warga Sleman,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama PDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata saat dikonfirmasi membenarkan adanya opsi untuk berkerjasama dengan Kabupaten Magelang terkait dengan layanan air bersih. Meski demikian, ia memastikan belum dilaksanakan dalam waktu dekat karena dari sisi kemampuan debit sumber di Sleman dirasa masih mencukupi.

“Sumber air di lereng Merapi masih, juga ada dukungan dari SPAM regional DIY,” katanya.

Menurut dia, potensi kerja sama ini masih sangat mungkin. Terlebih lagi, kata Dwi, PDAM sudah menyiapkan perencanaan hingga 2030 mendatang.

Diperkirakan hingga jangka waktu tersebut kebutuhan air untuk Masyarakat di Sleman mencapai 750 liter per detik. Adapun produksi untuk saat ini masih di kisaran 560 liter per detik.

BACA JUGA: Kekeringan, 24 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Dapat Bantuan Air Bersih dari BPBD

“Makanya ada kajian yang mendalam, termasuk memanfaatkan kerja sama dengan Kabupaten Magelang karena memang kebutuhannya terus meningkat,” katanya.

Disinggung mengenai pemanfaatan, Dwi mengakui bisa menggunakan sumber air di Magelang. Namun, juga tidak menutup kemungkinan memanfaatkan Kali Progo yang ada di wilayah Magelang. “Potensinya ada beberapa dan bisa menjadi sumber tambahan. Tapi, untuk saat ini belum akan dilakukan, meski tetap menjadi opsi guna menambah pasokan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement