Advertisement

199 Warga Muja Muju Jogja Peroleh Serat Kekancingan dari Kraton

Lugas Subarkah
Minggu, 08 September 2024 - 15:57 WIB
Sunartono
199 Warga Muja Muju Jogja Peroleh Serat Kekancingan dari Kraton Ilustrasi tata ruang - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 199 warga Muja muju, Umbulharjo, telah mendapat serat kekancingan tanah Sultan Ground. Para pengelola tanah kasultanan tersebut diharapkan bisa menjaga fasilitas dan memanfaatkannya dengan baik.

Salah satu warga penemerima serat kekancingan tanah kasultanan, Sarwo Sukendro Putro, warga RT 54/RW 08 Sidobali, Muja-muju, mengaku senang karena rumah yang ia tempati kini memiliki legalitas dari sisi hukum.

Advertisement

BACA JUGA : Jadi Mata Pencaharian Utama, Petani Lahan SG Mohon Kekancingan

Pria yang sehari-harinya menjadi juru parkir di Pasar Keranggan ini sudah sejak kecil tinggal rumah diatas tanah Sultan Ground. "Alhamdulilah akhirnya dapat serat kekancingan. Itu artinya sudah legal dan telah mendapatkan izin dari Keraton Yogyakarta," katanya, Minggu (8/9/2024).

Serat kekancingan ini diserahkan langsung oleh Penghageng Datu Dana Suyasa, GKR Mangkubumi, pada Kamis (5/9/2024). GKR Mangkubumi menuturkan pemberian serat kekancingan merupakan bentuk implementasi pemanfaatan tanah Kasultanan bagi masyarakat. "Ini juga sebagai bentuk perayaan Hari Ulang Tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY yang ke-12," ungkapnya.

Anak pertama Sri Sultan Hamengkubuwono X ini berharap dengan diserahkan serat kekancingan tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap agar masyarakat yang menggunakan tanah kasultanan agar menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, PJ Walikota Jogja, Sugeng Purwanto, meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga fasilitas tersebut dan dimanfaatkan dengan baik. "Dijaga kebersihan lingkungannya, dirawat bangunannya agar dapat bertahan lama," paparnya.

BACA JUGA : 7 Serat Palilah Tanah Kasultanan di Tol Jogja Bawen Terbit, Surat Kekancingan Segera Diajukan

Sugeng mengungkapkan bahwa banyak aset tanah Keraton yang telah memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Jogja, salah satunya digunakan sebagai fasilitas layanan publik. "Banyak tanah milik Keraton yang digunakan sebagai Ruang Terbuka Hijau Publik, balai pertemuan, lapangan olahraga, fasilitas kesehatan, rumah ibadah, dan juga sebagai pusat kegiatan ekonomi UMKM," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Enam Orang Tewas dan Lainnya Luka-luka dalam Bencana Topan Bebinca di Filipina

News
| Selasa, 17 September 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement