Advertisement

Masa Depan Bisnis Arsitektur Akan Ditentukan Ciri Keberlanjutan dan Integrasi Teknologi

Newswire
Minggu, 22 September 2024 - 05:57 WIB
Sunartono
Masa Depan Bisnis Arsitektur Akan Ditentukan Ciri Keberlanjutan dan Integrasi Teknologi Sejumlah pakar perencanaan tata kota dan wilayah melakukan pembahasan dalam Seminar Karya dan Pameran Arsitektur Indonesia (Sakapari seri 14 yang digelar oleh Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) pada Jumat (20/9/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah pakar perencanaan tata kota dan wilayah melakukan pembahasan dalam Seminar Karya dan Pameran Arsitektur Indonesia (Sakapari seri 14 yang digelar oleh Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) pada Jumat (20/9/2024). Salah satu materi yang mengemuka dalam diskusi tersebut adalah masa depan bisnis arsitektur akan ditentukan oleh ciri khas dalam konsep keberlanjutan dan integrasi teknologi digital.

Pakar Arsitektur Hanif Budiman mengatakan arsitek akan mengambil peran yang lebih luas, mulai dari merancang bangunan pintar hemat energi hingga mengatasi tantangan sosial seperti perumahan terjangkau dan ketahanan perkotaan. Integrasi AI, otomatisasi, dan realitas virtual akan membentuk kembali cara arsitek merancang dan melaksanakan proyek, sementara peningkatan fokus pada kesehatan, kebugaran dan desain etis akan membentuk ruang yang berpusat pada manusia dan inklusif.

Advertisement

BACA JUGA : Didukung Danais, RTLH Arsitektur Gaya Yogyakarta 2023 Sebagian Besar Selesai Dibangun

"Masa depan bisnis arsitektur akan dicirikan oleh keberlanjutan, integrasi teknologi, dan kemampuan beradaptasi. Seiring berkembangnya industri, arsitek yang merangkul inovasi dan kemampuan beradaptasi akan berkembang dalam lingkup yang lebih luas," katanya.

Dosen Arsitektur UII Ahmad Saifudin Mutaqi mengakui pentingnya teknologi digital dalam arsitektur era saat ini. Dalam arsitekur terkini teknologi digital menjadi alat utama untuk pelestarian dan pemeliharaan cagar budaya. Di mana saat ini terkenal dengan konsep Heritage Building Information Modeling. Pengembangan kebijakan penggunaan Heritage-BIM, perlu meningkatkan ketrampilan ahli melalui pelatihan profesional dan investasi pada infrastruktur digital.

"Adaptasi dan pemanfaatan ruang budaya untuk kebutuhan kontemporer serta penguatan keterhubungan antara realitas fisik dan digital menjadikan inovasi sebagai kunci dalam pelestarian budaya di era modern," katanya.

Dekan FTSP UII Ilya Fajar Maharika mengingatkan pentingnya forum ilmiah seperti Sakapari. Melalui kegiatan tersebut para akademisi, mahasiswa dan praktisi serta teknokrat di bidang perencanaan tata kota bisa bertukar pikiran terkait masa depan arsitektur.

BACA JUGA : Pakai Danais, 40 Rumah Warga Miskin Dibangun dengan Arsitektur Gaya Jogja

"Bagaimana agar arsitektur ke depan ini bisa berjalan dengan kondisi lingkungan tetap terjaga dengan baik. Selain itu pemanfaatan ruang teknologi dalam arsitektur juga penting didiskusikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Kota Diprediksi Hujan Hari Ini Kamis 10 Oktober 2024

News
| Kamis, 10 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement