Advertisement

Indeks Kerawanan Pemilu untuk Pilkada Kulonprogo Paling Rendah di DIY

Newswire
Minggu, 22 September 2024 - 06:27 WIB
Sunartono
Indeks Kerawanan Pemilu untuk Pilkada Kulonprogo Paling Rendah di DIY Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulonprogo memastikan Indeks Kerawanan Pemilu untuk Pilkada 2024 di wilayah ini rendah dibandingkan dengan kabupaten/kota di DIY.

Anggota Bawaslu Kulonprogo Isnaini mengatakan berdasarkan hasil kajian dan pemetaan terkait potensi kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, hasil pemetaannya disebut sebagai Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Kulon Progo cukup rendah. "IKP untuk Pilkada 2024 di Kulon Progo terbilang rendah," kata Isnaini, Minggu (21/9/2024)

Advertisement

Ia mengatakan kajian dan pemetaan tersebut mengacu pada empat dimensi yang menjadi indikator kajian.

Empat dimensinya adalah sosial politik, penyelenggaraan pemilu, kontestasi, dan partisipasi. Selain itu juga berdasarkan data dari pelaksanaan Pemilu 2024 juga menjadi acuan dalam memetakan potensi kerawanan di Pilkada 2024.

"Empat dimensi ini mengacu pada regulasi dari Bawaslu RI," katanya.

Namun demikian, ia mengatakan ada sejumlah dinamika yang terjadi saat Pemilu 2024 di Kulonprogo kemarin. Seperti adanya pemungutan suara ulang (PSU), hingga sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) RI. "Berbagai dinamika tersebut merupakan kerawanan, tapi tetap saja tingkatnya rendah," kata Isnaini.

Isnaini menyebut potensi kerawanan di Pilkada 2024 cenderung lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2024. Salah satunya dari situasi sosial politik, yang melihat bagaimana keamanan dari pelaksanaan pemilu.

Meski begitu, Isnaini optimistis potensi kerawanan tersebut bisa diminimalisir antara lain dengan meningkatkan pengawasan hingga menyiapkan berbagai langkah antisipasi. "Yang jelas berbagai kerawanan tersebut akan menjadi perhatian kami," katanya.

Ketua Bawaslu Kulonprogo Marwanto mengatakan IKP yang telah disampaikan bisa berubah sesuai dinamika Pilkada 2024. Apalagi ada sejumlah tahapan yang masih dan akan segera berjalan.

Sebagai antisipasi, pihaknya akan memperkuat komunikasi secara intensif dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara. Begitu juga dengan para peserta dari Pilkada 2024.

"Kami juga berkoordinasi dengan Pemkab Kulonprogo untuk memastikan kelancaran dari Pilkada 2024," kata Marwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kakek Pelaku Rudapaksa Cucu Terancam 15 Tahun Penjara

News
| Minggu, 22 September 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement