Advertisement

Pimpinan DPRD Gunungkidul Dilantik Pekan Depan, Alkap Langsung Dibentuk

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 20 Oktober 2024 - 15:17 WIB
Sunartono
Pimpinan DPRD Gunungkidul Dilantik Pekan Depan, Alkap Langsung Dibentuk Kantor DPRD Kabupaten Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo / gunungkidulkab.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul akan dilakukan pada Rabu, (23/10/2024). Setelah pelantikan, pimpinan Dewan akan mengarahkan anggota untuk langsung membentuk alat kelengkapan dewan (Alkap).

Sekretaris DPRD Gunungkidul, Purwono Sulistyohadi telah menerima surat keputusan (SK) Gubernur DIY ihwal penetapan pimpinan Dewan pada Sabtu, (19/10/2024). Setelah menerima SK, Sulistyohadi langsung berkoordinasi dengan anggota Dewan guna membahas jadwal rapat paripurna pelantikan.

Advertisement

BACA JUGA : Sah! Endang Sri Sumiyartini Ditetapkan Sebagai Ketua DPRD Gunungkidul

Hasil koordinasi tersebut adalah rapat paripurna pelantikan digelar pada Rabu, (23/10). Sebelum digelar, Setwan akan mengirim surat undangan pelantikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan forum koordinasi Pimpinan Daerah.

Pengambil sumpah dan pelantik pimpinan Dewan adalah Pengadilan Negeri (PN) Wonosari. Setelah penandatanganan berita acara pelantikan, pimpinan Dewan akan mengarahkan anggota untuk membentuk Alkap.

Dalam lima tahun ke depan, anggota DPRD Gunungkidul akan dipimpin oleh Endang Sri Sumiyartini sebagai Ketua, Wakil Ketua (Waket) I Wulan Tustiana, Waket II Suwignyo, dan Waket III Heri Nugroho.

“Pimpinan nanti akan rapat fraksi untuk menyusun Alkap. Lanjut jam 13.00 WIB rapat paripurna lagi untuk Alkap pimpinan yang lain,” katanya.

Sulistyohadi mengaku tidak ada target pembentukan Alkap. Dia akan memadatkan jadwal atau mempersingkat waktu agar target Dewan dapat tercapai, utamanya pembahasan rancangan APBD 2025.

BACA JUGA : Anggota DPRD Gunungkidul Belum Serahkan LHKPN Masih Bisa Dilantik, Ini Syaratnya

Adapun ihwal fasilitas setelah sah menjadi pimpinan Dewan seperti kendaraan, Sulistyohadi belum mengetahui pasti pemberian kendaraan tersebut. Kata dia, urusan aset dan penyerahannya menjadi kewenangan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Endang Sri Sumiyartini mengaku akan langsung membentuk Alkap setelah dirinya dan pimpinan Dewan lain dilantik.“Kalau target sih kemarin kami sudah rapat kordinasi dengan semua fraksi. Insyallah tinggal paripurna saja,” kata Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Nama Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Diumumkan Malam Ini, Dilantik Besok

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement